Bisnis Kuliner Nusantara di Era Modern : Getuk

Siapa yang tak kenal getuk? Makanan olahan singkong khas daerah Banyumas dan Magelang yang sudah mulai terlupakan oleh masyarakat urban. Getuk tidak hanya dijadikan santapan camilan yang menggugah selera tetapi juga dapat dikembangkan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan oleh masyarakat daerah. Salah satu alasannya karena pembuatan getuk yang cukup mudah dan tak memerlukan bahan-bahan mahal. 

Getuk berasal dari olahan singkong yang telah direbus kemudian dihaluskan dan diberi gula untuk memberi rasa manis. Namun, varian getuk tidak hanya berhenti di rasa manis berbagai inovasi terus dikembangkan pengusaha getuk dengan menambahkan variasi rasa dan dengan diberi pewarna untuk meningkatkan daya tarik. Hal ini bertujuan agar camilan getuk tidak kalah saing dengan makanan kekinian yang saat ini juga menguasai pangsa pasar. 

Sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan, getuk harus mampu bersaing dengan makanan kekinian yang kian digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya generasi millennial. Oleh karena itu, para pengusaha getuk tak berhenti meningkatkan inovasi pada getuk dengan mencampurkan bahan makanan selain singkong. Usaha getuk pun tergolong mampu bertahan lama karena bahan baku yang tak sulit didapatkan. 

Bisnis camilan getuk ini juga tak memerlukan modal yang besar dan dapat menjangkau semua rentang usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Fleksibilitas getuk dalam menjangkau berbagai kalangan konsumen menjadi nilai lebih yang menjadikan usaha ini masih banyak diminati. Namun, ternyata mendirikan usaha getuk juga tidak hanya untuk kepentingan pribadi melainkan usaha ini berkontribusi dalam melestarikan makanan khas daerah Banyumas yang sudah mulai terlupakan. Peran pelestarian makanan khas daerah ini menjadikan bisnis getuk tak hanya sebagai sumber penghasilan. 

Sumber referensi :

http://www.pengusahasukses.com/peluang-bisnis-getuk-dan-analisa-usahanya/ 

https://www.tokomesin.com/peluang-getuk-dan-analisa-usahanya.html 

https://www.reddoorz.com/blog/id/kost/jajanan-tradisional-yang-masih-eksis-sampai-sekarang 

Karina Adriyani
Divisi Public Relation Bekasi