Keterbelakangan Pendidikan di Indonesia

Pendidikan menurut para ahli “ pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.” (John Dewey) berdasarkan menurut para ahli dapat diketahui bahwa Pendidikan adalah suatu hal yang penting dan memang seharusnya manusia mendapatkan pendidikan yang layak agar bisa bertumbuh menjadi manusia yang utuh dan bisa mengembangkan kemampuan kognitif, mototik yaitu kreatifitas, serta kemampuan bersosialisasi dengan baik sehingga manusia bisa belajar untuk deradaptasi dengan baik di lingkungannya. Sehingga tujuan dari penulisan ini adalah segabai alat untuk mengungkapkan pemikiran dalam bentuk karya ilmiah seperti ini, penulisan ini bisa menjadi salah satu referensi didalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisa meningkatkan tingkat membaca serta menambah wawasan luas didalam ilmu pengetahuan.

Dapat dilihat bahwa Indonesia sangat terbelakang dan yang menjadi penyebab utamanya adalah banyaknya masyarakat yang tidak menempuh Pendidikan S1 sehingga itu menurunkan kualitas Pendidikan di Indonesia sehingga berdampak pada angka inovasi di Indonesia yang menyebabkan Indonesia ada diposisi rendah. Dengan adanya riset seperti itu menunjukan bahwa pemerintah juga kurang bisa mengatur Pendidikan di Indonesia sehingga inovasi yang dihasilkan juga rendah sehingga mempengaruhi ekonomi yang ada di Indonesia. Kemudian juga banyaknya pekerja di Indonesia yang dibawah S1 maka kualitas pekerja di Indonesia itu masih rendah sedangkan pembangunan utama adalah pembangunan SDM. Tentunya karena keterbatasan penilitan yang dilakukan maka masih ada banyak faktor-faktor penyebab keterbelakangan dan efek dari keterbelakangan di Indonesia. Kemudian implikasinya itu sangat luas dengan artikel ini banyak mempengaruhi pihak lain dan bisa digunakan dasar pengembangan ilmu berikutnya dan bisa digunakan referensi untuk pengembangan disegala aspek dan bisa membantu banyak orang agar menambah ilmu dan wawasan.

Reference:

tirto.id.com (2019, 24 Juli). Periksa Data Kualitas Pendidikan dan Riset Indonesia Rendah, Inovasi Tersendat. Diakses pada 28 September 2020, dari https://tirto.id/kualitas-pendidikan-dan-riset-indonesia-rendah-inovasi-tersendatecWM

kompasiana.com (2019, 7 Maret). Kualitas Pendidikan di Indonesia, Diakses pada 28 Septerber 2020, dari https://www.kompasiana.com/dinda24/5c812ffb43322f264762c3c5/kualitaspendidikan-di-indonesia

Stephanie kezya