Perpustakaan Gratis 2022

PERPUSTAKAAN GRATIS 2022
Literation Beyond the Limit

Pada hari Jumat, 23 September 2022 telah dilaksanakan acara Perpustakaan Gratis, yang merupakan salah satu event baru Teach for Indonesia Student Community (TFISC) regional Kemanggisan. Perpustakaan gratis 2022 mengangkat tema “Literation Beyond The Limit” dengan tujuan menghapus batasan-batasan dalam pelaksanaan literasi khususnya membaca buku. Acara Perpustakaan Gratis 2022 meliputi kegiatan pengumpulan buku yang dimulai dari tanggal 9 September – 21 September 2022, serta kegiatan penyerahan lemari dan buku kepada SD Muhammadiyah 48. Hasil pengumpulan buku mencapai target yang telah ditentukan, yaitu terdapat 183 buku yang dikumpulkan, terdiri dari buku anak-anak fiksi maupun non-fiksi.

Pada tanggal 23 September 2022, acara penyerahan buku diawali dengan kata sambutan oleh Bapak Kamil Aksan selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 48, dilanjutkan kata sambutan oleh Holy Graciela selaku Ketua Kampus TFISC Regional Kemanggisan, dan kata sambutan oleh Theo Octovius selaku Project Manager Perpustakaan Gratis 2022. Setelah itu, beberapa panitia Perpustakaan Gratis mengajak siswa-siswi untuk bermain games sebagai ice breaking untuk mencairkan suasana.






Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan lemari beserta 183 buku yang telah dikumpulkan oleh panitia Perpustakaan Gratis 2022. Para panitia Perpustakaan Gratis juga membuat dua buah majalah dinding yang berisi informasi mengenai literasi, yang diharapkan dapat memberi motivasi bagi siswa-siswi SD Muhammadiyah 48 agar senang membaca buku.


Dan tidak sampai disitu saja, panitia Perpustakaan Gratis 2022 juga mengajak siswa-siswi menari dan membuat TikTok bersama untuk menutup acara Perpustakaan Gratis 2022 dan kegiatan pun ditutup dengan sesi foto bersama, serta ucapan terima kasih dari kedua belah pihak.


Dengan diadakannya acara Perpustakaan Gratis ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya meningkatkan minat literasi sejak dini pada anak-anak dan menjadikan membaca buku sebagai suatu kebiasaan. Selain itu, juga diharapkan acara ini dapat meningkatkan kesadaran bagi masing-masing orang akan pentingnya membaca buku yang memberikan banyak manfaat baik.

 

Nadzla Andrita, Elysia Djiyadi, Gita Asterina, Dian Zulyanti, Stephan Chandra