HUMANITY FESTIVAL 2023

“Help For Hope”

Akhir-akhir ini, kita seringkali menyaksikan berita tentang konflik, ketidaksetaraan sosial, hingga krisis kemanusiaan yang mengakibatkan penderitaan yang besar bagi banyak orang. Maka dari itu, Teach For Indonesia Student Community (TFISC) regional Bandung menyelenggarakan rangkaian kegiatan Humanity Festival. Humanity Festival dengan tema “Help for Hope” bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan sekitar, baik mengenai isu pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Humanity Festival hadir sebagai jembatan penghubung antara individu-individu, kelompok-kelompok, serta komunitas-komunitas dalam upaya bersama untuk menciptakan perubahan positif.

Rangkaian acara Humanity Festival dimulai dari penggalangan donasi berupa pakaian bekas layak pakai, buku, mainan, dan juga dana. Kami membuka mini booth yang berlokasi di Atrium lt. 4 Binus @Bandung sehingga memudahkan para Binusian untuk berbagi kebaikan melalui box-box yang telah disediakan ini. Selain booth, tersedia juga qr code yang disebarkan ke platform media sosial sehingga memungkinan Binusian dari regional lainnya untuk melakukan donasi berupa dana.

Penggalangan donasi tersebut diadakan selama kurang lebih 2 minggu. Dari penggalangan dana ini, kami memperoleh pakaian layak pakai sebanyak ±70 pcs, buku sebanyak ±20 pcs, mainan sebanyak ±10 pcs, dan donasi dana sebesar Rp 862.000,-. 

Pada Sabtu, 16 Desember 2023, kami melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Bhakti Luhur untuk melakukan kegiatan kebersamaan dan memberikan donasi yang telah dikumpulkan. Kegiatan ini dimulai dari keberangkatan dari BINUS @Bandung pukul 09.00 WIB selama 60 menit perjalanan. Setelah sampai ke lokasi, Project Manager melakukan briefing terlebih dahulu kepada seluruh volunteers agar seluruh rangkaian acara dapat terkoordinasi dengan baik.

Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Kyla selaku Project Manager. Setelah sambutan, suasana semakin hidup dengan dimulainya sesi kebersamaan yang dipandu oleh kedua  MC, Cindy dan Chaelvyn. Mereka tidak hanya menjadi pemandu acara, tetapi juga membawa keceriaan dan kehangatan dalam interaksi dengan semua peserta. Anak-anak Panti Asuhan Bhakti Luhur terlihat sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang disiapkan. Games yang dipimpin oleh Cindy dan Chaelvyn berhasil menciptakan atmosfer riang dan penuh tawa. Tak hanya itu, momen pemberian hadiah snack juga menjadi sorotan, di mana wajah bahagia mereka mewarnai acara.

 

Saat kami sedang istirahat dan menikmati snack yang diberikan, tiba-tiba salah satu anak terinspirasi untuk membagikan sesuatu yang istimewa. Dengan penuh keberanian, ia menawarkan diri untuk menampilkan sebuah nyanyian. Kami dengan senang hati menerima tawarannya dan memberikan tempat di tengah-tengah kami. Dengan suara yang tulus, anak tersebut memulai nyanyiannya. Setiap nada yang dinyanyikannya terasa menyentuh hati. Apa yang membuatnya begitu istimewa bukan hanya suaranya, melainkan makna yang terkandung dalam liriknya. Lagu dan juga semangatnya membawa kita kembali kepada rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Keseruan acara ini terus berlanjut dengan salah satu sorotan utamanya, yaitu kegiatan cap tangan yang melibatkan seluruh anak-anak dari Panti Asuhan, volunteers, dan panitia acara. Kegiatan ini menjadi momen yang spesial, menggambarkan semangat kebersamaan dan keceriaan yang tak terlupakan. Setiap cap tangan menjadi jejak kecil dari kehadiran mereka dalam acara ini, simbol dari ikatan yang terjalin antara anak-anak, volunteers, dan panitia. Tidak hanya sekedar mencap tangan, namun kegiatan ini diisi dengan tawa, canda, dan ekspresi kebahagiaan yang sungguh tulus. Senyuman dari wajah anak-anak dan para peserta lainnya menjadi catatan kehangatan, menciptakan memori indah yang akan terus dikenang.

 

Puncak dari acara yang berkesan di Panti Asuhan Bhakti Luhur adalah saat-saat penutupan yang diwarnai oleh esensi kebaikan hati, yaitu pemberian donasi. Project Manager menyerahkan sertifikat penghargaan serta hasil donasi yang telah berhasil dikumpulkan. Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada Panti Asuhan Bhakti Luhur. Antusiasme dan keramahan yang mereka tunjukkan begitu mempesona, menjadikan setiap momen dalam acara ini penuh sukacita dan kehangatan. Melalui sambutan hangat dan ucapan terima kasih, kami berharap bahwa acara ini tidak hanya meninggalkan kenangan indah, tetapi juga menjadi pemicu untuk terus berbagi dan peduli kepada sesama.

Humanity Festival diakhiri dengan kegiatan Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis yang terbuka untuk umum. Pada Jumat, 22 Desember 2023, kami menggelar rangkaian terakhir ini di Cornerstone, Paskal. Kami bekerjasama dengan PMI Kota Bandung untuk melakukan donor darah dan AMSA MCU untuk melakukan cek kesehatan yang terdiri dari cek tensi, kolesterol, asam urat, serta gula darah. Kegiatan dimulai dengan briefing panitia dan volunteers pukul 08.00. Pendaftaran dimulai pada pukul 09.00. Tempat donor darah dilaksanakan di lantai 1, sedangkan cek kesehatan dilaksanakan di lantai 2 venue.

Bagi peserta yang berencana untuk melakukan donor darah dan cek kesehatan, kami memberikan arahan agar mereka terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum melibatkan diri dalam proses donor darah. Proses ini dimulai dengan peserta donor darah, baik yang telah mendaftar secara online maupun yang datang langsung, melakukan registrasi ulang dan mengisi formulir yang telah disiapkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Selama proses ini, volunteer dan panitia membantu dalam mengarahkan peserta melalui alur pemeriksaan PMI. Pada tahap pendataan, setiap peserta melewati serangkaian langkah termasuk input data, pemeriksaan tensi, pengukuran kadar hemoglobin (HB), dan penentuan golongan darah. Bagi peserta yang berhasil melewati tahap screening (uji HB dan tensi), mereka kemudian diarahkan menuju kursi donor untuk pengambilan darah. Setelah selesai melakukan donor darah, peserta yang berhasil donor dapat melanjutkan ke meja konsumsi dengan menunjukkan bukti kartu donor untuk mendapatkan sejumlah snack yang berupa biskuit dan susu dari PMI sebagai bentuk apresiasi atas kebaikan hati yang telah mereka tunjukkan.

Bagi peserta yang ingin menjalani cek kesehatan, langkah awalnya adalah melakukan registrasi ulang di meja pendaftaran, di mana mereka akan diberikan kertas untuk merekap data hasil cek kesehatan mereka. Dalam proses ini, setiap peserta akan dibantu oleh volunteer yang siap membantu mereka menuju lantai 2, dengan perhatian khusus terutama untuk para peserta lansia. Sampai di lantai atas, peserta akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan tensi terlebih dahulu, yang selanjutnya dilanjutkan dengan pengecekan kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah. Proses pengecekan ini dilakukan oleh 6 mahasiswa/i fakultas kedokteran Universitas Maranatha (AMSA MCU), yang telah terlatih untuk memberikan pelayanan medis dengan keahlian dan kecermatan. Setelah proses pengecekan selesai, peserta diberikan kebebasan untuk memilih apakah ingin pulang atau melanjutkan ke tahap selanjutnya, seperti melakukan donor darah. Peserta yang memilih untuk melakukan donor darah akan menjalani proses registrasi ulang dan mengisi formulir yang disediakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

Dalam acara ini, kami menyediakan air madu secara gratis, yang disponsori oleh Harmoni Dinamik Indonesia (HDI). Air madu ini dapat dinikmati oleh seluruh peserta donor darah maupun peserta cek kesehatan, dengan tujuan untuk memberikan nutrisi tambahan dan meningkatkan kebugaran tubuh mereka. Setelah rangkaian acara selesai, kami tidak lupa mengungkapkan rasa terima kasih kami kepada pihak Cornerstone, PMI Kota Bandung, dan AMSA MCU. Kami memberikan penghargaan berupa sertifikat sebagai tanda terimakasih atas kerjasama yang hangat dan kontribusi positif yang mereka berikan. Sertifikat ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka dalam menyukseskan acara ini dengan tangan terbuka dan semangat kolaboratif yang tinggi.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan Humanity Festival ini, yaitu untuk seluruh panitia, volunteers, Panti Asuhan Bhakti Luhur, Cornerstone, PMI Kota Bandung, dan AMSA MCU. Kami berharap kegiatan Humanity Festival ini dapat bermanfaat dan berkesan bagi seluruh peserta sebagai salah satu aksi positif dalam meningkatkan kesadaran kita terhadap kemanusiaan. 

Kyla Maylina Chandra dan Gabriella Amanda Putri