Sport4Fun TFISC 2020 “Healthy and Sport Life”

Semenjak terjadinya pandemi Covid19, banyak tempat seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar, sekolah, hingga kampus ditutup untuk sementara waktu. Ditambah lagi dengan kasus Covid19 yang tak kunjung berkurang, mengakibatkan PSBB selama terus menerus. Hal ini-lah yang memaksa kita untuk dapat beraktivitas hanya dari rumah. Pekerjaan kantor, hingga sekolah pun harus dilakukan secara virtual dari rumah. Karena lebih sering berada di rumah, kita menjadi lebih jarang menggerakkan badan kita. Padahal kurangnya menggerakkan badan, kita malah jadi berpotensi dalam memicu beberapa penyakit mematikan, seperti Kanker, Jantung, Hipertensi, hingga Stroke.

Terpicunya penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh 2 hal. Pertama asupan makanan, kedua daya aktif tubuh. Dimasa pandemi ini banyak dari kita yang melakukan aktivitas selama berjam jam, hanya duduk di depan komputer dengan tidak melakukan aktivitas lainnya. Ditambah dengan kondisi pikiran yang mudah stres akibat tugas dan berlama-lama di depan komputer, menjadikan tubuh kita bergerak lebih pasif dari sebelumnya. Kondisi ini yang akhirnya malah mengakibatkan daya tahan tubuh menurun dan rentan terkena penyakit.

Asupan makan yang tidak baik bagi tubuh pun juga dapat memicu penyakit kronis. Selama di rumah, banyak dari kita yang menjadi terbiasa dan lebih sering memesan makanan secara online. Sedangkan jenis makanan yang tidak sehat seperti fast food/junk food menjadi pilihan utama dan favorit untuk dipesan, dibandingkan dengan healthy food yang ada. Itu lah mengapa, jika kita tidak menjaga asupan makan kita, dapat menjadi pemicu penyakit kronis di usia muda.

Melihat hal tersebut TFISC melalui programm “Sport4Fun”, ingin mengajak semua kalangan, terutama anak muda untuk dapat menjalankan hidup sehat dan aktif. Melalui campaign dan webinar Sport4Fun “Healthy and Sporty Life”, diharapkan dapat menyadarkan para anak muda mengenai bahayanya penyebab yang dapat terjadi jika tidak melakukan pencegahan sejak dini. Karena itu tujuan utama dari program kami adalah mengajak serta menyadarkan para anak muda, bahwa kita harus  memulai hidup sehat dan aktif sedari dini, untuk menghindari penyakit kronis dikemudian hari. Dalam menjalankan campaign ini, TFISC menggunakan media Instagram dan Tiktok untuk menyebarkan awareness dan ajakan hidup sehat. Selama 11 Hari menjalankan campaign dan awareness tentang hidup sehat dan awareness tentang penyakit kronis Kanker

Gambar 1. Logo Sport4Fun “Healthy and Sporty Life”

Campaign dimulai dari tanggal 25 Januari hingga 30 Januari 2021 yang memfokuskan ke pentingnya berolahraga dan menjaga asupan nutrisi tubuh yang dilakukan di post Instagram TFISC, dan juga video kreatif nan jenaka ajakan berolahraga dan hidup sehat di Tiktok TFISC.

Gambar 2. Campaign Pentingnya Hidup Sehat yang di Post Instagram TFISC

Gambar 3. Campaign Pentingnya Hidup Sehat yang di Post Tiktok TFISC

Untuk melengkapi campaign dari Sport4Fun untuk hidup sehat dan aktif, TFISC juga menjalankan webinar pada hari ke 7 yaitu pada tanggal 31 Januari 2021 dengan tema “Healthy Habits For A Better Life” pada webinar tersebut membahas tentang pentingnya menjaga asupan nutrisi didalam tubuh sedari muda, menghindari jajan sembarangan dikala pandemi, dan membahas pentingnya berolahraga dikala pandemi untuk kesehatan tubuh. Dalam webinar ini TFISC menggaet 2 expert pada bidangnya yaitu dr. Jovita Amelia, MSc, Sp.GK sebagai Dokter Gizi Klinis yang membahas pentingnya menjaga asupan nutrisi dalam tubuh dan juga Mahathir Muhammad sebagai Strength and Conditioning Coach yang membahas pentingnya berolahraga ditengah pandemi agar tubuh lebih sehat dan bugar.

Gambar 4. Poster webinar Sport4Fun “Healthy Habits For A Better Life”

Gambar 5. Materi dari dr. Jovita Amelia, MSc, Sp.GK

Gambar 6. Foto Bersama Webinar Sport4Fun “Healthy Habits For A Better Life”

Gambar 7. Materi dari Mahathir Muhammad

Masih mengangkat tema yang sama dengan sebelumnya tentang menjaga asupan nutrisi dan hidup sehat agar terhindar penyakit kronis, yaitu Kanker. Mengapa Kanker? Karena kanker saat ini sudah tidak memandang umur atau pun jenis kelamin, tua, muda,pria atau wanita pun bisa terkena kanker, ditambah lagi gaya hidup yang tidak sehat dikala pandemi tambah meningkat kan resiko terkena penyakit Kanker. Dari hal tersebut lah Sport4Fun melanjutkan campaign dan webinar tentang kanker dan cara mencegahnya dengan berolahraga dan menjaga asupan nutrisi.

Pada tanggal 1 sampai 3 Februari 2021 TFISC membuat campaign dan juga menyebarkan awareness tentang Kanker keseluruh kalangan, agar kita semua dapat sadar bahwa penyakit Kanker bisa menyerang siapapun, dan dapat kita cegah dengan hidup sehat. Adapun campaign dan awareness tentang kanker dilakukan dengan membuat post Instagram dan video kreatif Tiktok.

Gambar 8. Campaign Cancer Awareness yang di Post Instagram TFISC

Gambar 9. Campaign Cancer Awareness yang di Post Tiktok TFISC

Selain itu untuk menambah wawasan mengenai Kanker, dan pentingnya menjaga kesehatan tubuh semenjak dini TFISC pun membuat webinar dengan tema “Healthy Life To Prevent Cancer” pada 4 Februari 2021 yang sekaligus juga merayakan Hari Kanker Sedunia. Pada webinar tersebut dihadiri oleh 3 narasumber yang sudah ahli dibidangnya yaitu dr. Pungky Mulawardhana, SpOG (K) Onk sebagai spesialis onkologi yang membahas apa itu kanker,dan cara mencegahnya. Lalu juga ada dr. Tauvan Favian, Sp.KO sebagai dokter Spesialis Olahraga yang memberikan materi tentang pentingnya berolahraga dikala pandemi untuk mengurangi resiko penyakit kronis yaitu kanker, dan juga dihadiri oleh Ovarian cancer survivor Daytona Rizkiani yang mebagikan kisahnya bagaimana beliau dapat menang melawan penyakit Kankernya dari tahun 2019.

Gambar 10. Poster webinar Sport4Fun “Healthy Life To Prevent Cancer”

Gambar 11. Materi dari dr. Pungky Mulawardhana, Sp.OG (K) Onk

Gambar 12. Materi dari dr. Tauvan Favian, Sp.KO

Gambar 13. Materi dari Daytona Rizkiani

Gambar 14. Foto Bersama Webinar Sport4Fun “Healthy Life To Prevent Cancer”

Dengan suksesnya campaign dan webinar yang dilakukan oleh Sport4Fun TFISC 2020 diharapkan dari event ini dapat menjadikan pelajaran dan lebih aware tentang pentingnya hidup sehat dikala pandemi agar terhindar dari penyakit kronis untuk masa depan yang cerah dan lebih baik.

Ricky Prasojo