Campaign 2021: From Earth: “I Depend on You!”

Campaign 2021

From Earth: “I Depend on You!”

Jakarta – Jumlah sampah plastik di Indonesia masih terus mengalami peningkatan hingga saat ini. Dapat diketahui bahwa sampah plastik menempati urutan kedua terbanyak dari total produksi sampah di Indonesia, yaitu sebesar 5.4 juta ton per tahun. Permasalahan mengenai sampah plastik harus segera dituntaskan. Jika dibiarkan begitu saja, maka tumpukan sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan.

Pada tahun ini, Teach For Indonesia Student Community (TFISC) menyelenggarakan kampanye bertemakan “From Earth: I Depend On You!”. Tema ini diangkat karena melihat banyak sekali masyarakat yang menyadari bahwa masalah sampah dan kerusakan lingkungan dapat membuat umur bumi semakin sedikit, namun kebanyakan dari masyarakat bingung dan belum memahami bagaimana cara mengelola sampah tersebut dengan benar. Di sisi lain, ada juga sebagian masyarakat yang sudah mengetahui dan memahami dengan baik bagaimana cara mengelola sampah, tetapi masih belum bergerak untuk melakukannya.

Kampanye TFISC tahun ini mengadakan tiga rangkaian kegiatan, yaitu lomba video pendek, webinar, dan kampanye melalui media sosial. Tujuan dari rangkaian kegiatan ini sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keadaan bumi saat ini, memberikan pengetahuan terkait cara meminimalisir limbah sampah, serta mengajak masyarakat untuk mulai melakukan kegiatan nyata dalam rangka menanggulangi kerusakan lingkungan.

Kegiatan kampanye dimulai dengan lomba video pendek yang diadakan oleh TFISC pada Rabu(22/12/2021) hingga Senin(10/01/2022), dilanjutkan dengan kegiatan kampanye media sosial yang dilakukan pada Jumat(14/01/2022) hingga Minggu(16/01/2022), serta kegiatan webinar yang diadakan oleh TFISC pada Sabtu(15/01/2022) yang bekerja sama dengan Rebricks. Ibu Tan Novita selaku Co-founder Rebricks, menyampaikan materi terkait data sampah plastik yang saat ini ada di Indonesia, cara menanggulangi sampah plastik, serta menjelaskan bagaimana cara Rebricks dalam membantu mengurangi sampah plastik menjadi bahan bangunan. Ketiga rangkaian acara ditutup dengan melaksanakan Closing Day pada Minggu(16/01/2022) bersama dengan seluruh peserta.

Dokumentasi Kegiatan: