SMART SOCIETY INDONESIA 2024

“Building Smart, Compassionate, and Empowering Generation”

Dalam upaya mengoptimalkan kontribusi positif terhadap masyarakat, Teach for Indonesia Student Community (TFISC), sebuah organisasi mahasiswa di Universitas Bina Nusantara, telah menggagas program edukasi bernama “Smart Society Indonesia”. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara anggota aktif TFISC yang peduli akan perbaikan sistem pendidikan di Indonesia.

“Smart Society Indonesia” dirancang sebagai sebuah proker yang mengundang partisipasi aktif mahasiswa Bina Nusantara, terutama mereka yang berdomisili di wilayah Kemanggisan dan Alam Sutera, serta mahasiswa dari luar Bina Nusantara yang juga dapat ikut berpartisipasi. Proker ini mengusung misi memberikan materi pembelajaran edukasi kepada siswa SD hingga SMA, dengan fokus pada literasi digital dan pendidikan kewarganegaraan.

Pada program pemberian edukasi literasi digital, program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan teknologi digital secara bijaksana, termasuk kemampuan untuk memilah informasi yang akurat dari yang tidak, memahami pentingnya privasi online, dan memahami etika dalam berinteraksi di dunia maya. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat menjadi pengguna internet yang cerdas dan bertanggung jawab.

Sementara itu, program pemberian edukasi pendidikan kewarganegaraan dalam proker ini difokuskan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Melalui berbagai kegiatan, siswa akan diajak untuk memahami pentingnya toleransi, keberagaman, partisipasi dalam pembangunan masyarakat, serta hak asasi manusia. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat menjadi generasi yang peduli dan aktif dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap hari Kamis hingga Sabtu selama tiga minggu berturut-turut di bulan Februari 2024, dengan total 8 sesi intensif. Lokasi pelaksanaan terpusat di Depok, menjadikan program ini sebagai sebuah terobosan berkelanjutan dalam membangun potensi generasi muda di wilayah tersebut.

Tidak hanya berjalan sendiri, “Smart Society Indonesia” turut menjalin kerja sama dengan Yayasan Terang Anak Indonesia (YATERI), sebuah lembaga sosial yang telah berkomitmen sejak tahun 2015 dalam memperjuangkan hak dan perlindungan anak-anak. Keseriusan dalam kerja sama ini terbukti dengan keberhasilan Yayasan Terang Anak Indonesia terdaftar secara resmi di Kesbangpol Kota Depok.

Selain itu, program ini juga memperoleh dukungan dari berbagai media partner, termasuk organisasi kampus di luar Bina Nusantara seperti Gerakan Mahasiswa Almamater Pancasila (Gema Alpas) dan Dari Kami untuk Negeri (Dakauri). Sementara itu, dari internal Bina Nusantara, dukungan datang dari Swanarapala (Mahasiswa Bina Nusantara Pecinta Alam), Himpunan Mahasiswa Desain Interior, Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional, Binus English Club, dan Binus TV Club.

Dengan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, “Smart Society Indonesia” bukan hanya menjadi sebuah program pendidikan tambahan, tetapi juga menjadi momentum penting dalam membangun jaringan kerja sama yang berkelanjutan untuk kesejahteraan dan perkembangan pendidikan di Indonesia. TFISC dan semua pihak yang terlibat siap menjalankan peran masing-masing demi cita-cita bersama menciptakan masyarakat yang cerdas dan berdaya saing.

 

Muhammad Rico Andriawan