PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/education-concept-student-studying-and-brainstorming-campus-concept-close-up-of-students-discussing-their-subject-on-books-or-textbooks-selective-focus_1239167.htm#term=education&page=1&position=36

Pendidikan merupakan hal yang dianggap sangat penting di dunia. Alasannya, karena untuk membangun negara yang maju, dibutuhkan bangsa-bangsa yang berpendidikan. Namun, tahukah kalian bahwa tidak hanya pendidikan di bidang akademik saja yang penting. Pendidikan karakter pun juga sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat dari betapa tinggi pendidikan atau gelar yang telah ia raih,namun juga pada karakter dari pribadi orang tersebut. Proses pendidikan di sekolah masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya ketimbang psikomotoriknya, masih banyak guru-guru di setiap sekolah yang hanya asal mengajar saja agar terlihat formalitasnya, tanpa mengajarkan bagaimana etika-etika yang baik yang harus dilakukan.

Daniel Goleman menjelaskan  kepada kita bahwa kecerdasan emosional dan social dalam kehidupan diperlukan 80%, sementara kecerdasan intelektual hanyalah 20% saja. Hal itu membuktikan bahwa pendidikan karakter justru lebih diperlukanuntuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yangjustru dipenuhi dengan perilaku biadab. Maka lahirlah sebuah Pendidikankarakter (character education).

Banyak pilar karakter yang harus kita tanamkan kepada anak – anak penerus bangsa. Dimulai dari kejujuran, kejujuran adalah hal yang paling pertama harus kita tanamkan pada diri kita maupun anak – anak penerus bangsa. Kejujuran merupakan benteng dari semuanya. Selain kejujuran. pendidikan karakter dalam pilar keadilan jugadibutuhkan. Karena  seperti yang dapat kita lihat, banyak sekali terjadi ketidak adilan khususnya di negara ini. Selain itu harus ditanamkan juga pilar karakter seperti rasa hormat. Hormat kepada siapapun itu, contohnya adik kelas mempunyai rasa hormat kepada kakak kelasnya, dan kakak kelasnya pun menyayangi adik –adik kelasnya, begitu juga dengan teman seangkatan rasa saling menghargai harusada dalam diri setiap murid –  murid agar terciptanya dunia pendidikanyang tidak ramai akan tawuran.

Saat ini, banyak sekolah di Indonesia yang mulai menanamkan pendidikan karakter padamurid-muridnya, serta menjadikan Pendidikan karakter sebagai mata pelajaran khusus. Mereka diajarkan bagaimana cara berperilaku yang baik terhadap orang tua, guru –guru ataupun lingkungan tempat hidup. Karena itu, murid-murid tidakboleh mengabaikan pendidikan karakter ini.

Mudah –mudahan dengan diterapkannnya pendidikan karakter di sekolah, semua potensi kecerdasan anak –anak akan dilandasi oleh karakter – karakter yang dapat membawa mereka menjadi orang – orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa. Bebas dari korupsi, ketidak adilan dan lainnya. Serta dapat menjadi bangsa yangberpegang teguh kepada karakter yang kuat dan beradab. Karena mendidik karakter tidak semudah membalikan telapak tangan, ajarkanlah kepada anak bangsa pendidikan karakter sejak saat ini.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :https://www.kompasiana.com/nengristaindriani/artikel-tentang-pendidikan-karakter_552045b9813311612c9dfca0

Theodore Winston