Menjaga Pola Hidup Sehat di Kala Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 hingga saat ini masih belum berakhir, bahkan jumlah kasus positif semakin bertambah setiap harinya. Agar terhindar dari paparan virus COVID-19, kita harus meningkatkan imunitas tubuh dengan menjaga pola hidup yang sehat dan tetap menaati protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Salah satu yang dapat mempengaruhi kesehatan hidup kita adalah pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat dapat membantu tubuh kita agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan menjaga pola hidup yang sehat, kita juga dapat menjaga kesehatan mental, fisik,  dan meningkatkan kualitas hidup kita. Untuk memulai pola hidup yang sehat tidaklah sulit dan dapat kita terapkan kapan saja, contohnya dengan:

1.Mengatur Pola Makan

Makanan merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan tubuh kita untuk beraktivitas. Karena itu, pilihan makanan dan minuman kita akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Cara mengatur pola makan yang sehat dapat dimulai dengan menerapkan jadwal makan yang rutin. Usahakan makan di jadwal tertentu setiap harinya dengan porsi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh sehingga kita harus mengetahui kebutuhan nutrisi masing-masing. Hal ini dikarenakan  kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda berdasarkan faktor usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari.

Selain jadwal makan yang baik, kebutuhan serat kita juga harus terpenuhi, karena serat bermanfaat untuk mengikat air dalam jumlah banyak, sehingga makanan dapat lebih mudah dicerna. Tidak hanya itu, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, dan mencegah konstipasi. Untuk mencukupi kebutuhan serat, pastikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung sayur dan buah, contohnya bayam, tomat, brokoli, buah pir, stroberi, pisang, dan lain-lain.

Untuk melengkapi langkah-langkah di atas, kita juga perlu menghindari makanan olahan seperti cemilan-cemilan yang mengandung banyak pengawet, makanan dan minuman instan, dan makanan ringan lainnya. Makanan olahan seperti ini cenderung mengandung kadar gula, natrium, lemak, bahkan zat aditif lainnya dalam jumlah tinggi. Hal ini dikarenakan saat kita mengkonsumsi makanan olahan dalam jumlah banyak tentunya akan membahayakan kesehatan tubuh. Karena itu, pilihlah makanan yang bergizi dan mengandung lemak sehat daripada makanan olahan.

2. Rutin Berolahraga

Selain mengatur pola makan, peningkatan imunitas juga didukung oleh rutinitas olahraga. Menurut penelitian, untuk orang dewasa dari usia 19-64 tahun membutuhkan setidaknya 150 menit waktu berolahraga dalam seminggu. Waktu 150 menit ini dapat kita bagi menjadi 3-5 hari dan olahraganya pun dapat dimulai dari cara sederhana seperti berjalan kaki, naik turun tangga, jogging, dan lain-lain. Sebuah penelitian juga mengungkapkan apabila kita rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya, maka resiko meninggal dunia di usia muda akan lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Bila rutin dilaksanakan, metabolisme dan imunitas tubuh akan mengalami peningkatan.

Cara ini juga mampu menurunkan kadar stres seseorang, meningkatkan rasa percaya diri, menjaga berat tubuh yang ideal, dan membuat tidur lebih nyenyak. Olahraga yang teratur juga mampu meningkatkan kekuatan otot, kesehatan jantung, dan juga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh sehingga memperlancar sistem peredaran darah manusia. Maka dari itu, meskipun dalam kondisi pandemi, kita tetap harus melaksanakan olahraga meskipun hanya dilakukan di dalam atau sekitar rumah.

3. Istirahat yang Cukup

Selama pandemi COVID-19 ini, pemerintah mengeluarkan peraturan bagi para pekerja dan pelajar untuk bekerja serta bersekolah dari rumah. Hal ini membuat para pekerja dan pelajar sulit untuk mengatur waktu istirahat yang tepat, karena mereka beranggapan bahwa dengan bekerja dari rumah, maka waktu yang mereka miliki lebih fleksibel. Namun pada kenyataannya, banyak dari mereka yang kesulitan untuk mengatur jam tidur karena terlalu larut bekerja hingga malam hari. Mengontrol waktu tidur kita juga termasuk hal yang penting dalam menjaga pola hidup yang sehat, karena kurangnya jam istirahat akan memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Oleh karena itu, apabila waktu tidur atau istirahat kita berkurang, maka kita tidak hanya merasa lelah dan lambat, namun juga secara mental kita akan lebih mudah emosi dan mudah tersinggung. Maka dari itu, usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. Namun, setiap orang memiliki kebutuhan tidur masing-masing sehingga tetap harus disesuaikan. Untuk meningkatkan kualitas tidur, kita juga harus mengurangi asupan kafein menjelang tidur serta menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Selain itu, pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi dengan mengkonsumsi air mineral secara teratur dengan jumlah yang cukup.

4. Menjaga Kebersihan

Selama pandemi ini berjalan, kebanyakan waktu kita luangkan untuk beraktivitas di dalam rumah. Maka dari itu, kita harus memprioritaskan kebersihan lingkungan rumah kita agar lebih nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Menjaga kebersihan dapat dimulai dari menjaga kebersihan diri kita sendiri, yaitu dengan rajin mandi dan mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun selama 20 detik secara berkala seperti sebelum makan, setelah makan, setelah dari toilet, dan lain-lain.

Hal ini dilakukan demi meningkatkan kebersihan dan kenyamanan diri kita serta lingkungan sekitar kita. Kita juga dapat memulai kebiasaan baru meskipun di rumah saja dengan membersihkan rumah secara rutin, sehingga barang-barang yang tidak kita perlukan dapat kita singkirkan dan lingkungan rumah akan terasa lebih indah dan bersih. Jika kebiasaan ini dapat kita terapkan setiap harinya, maka orang-orang di sekitar kita pun juga akan mengikuti kebiasaan baik ini.

5. Menghindari Stres Berlebihan

Di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita menjaga imunitas tubuh, maka kita harus bisa menghindari pemicu dari penurunan imunitas ini, termasuk menghindari stres berlebihan. Stres merupakan bentuk reaksi tubuh yang timbul akibat adanya tekanan, ancaman, ataupun perubahan yang ekstrim. Reaksi yang diberikan dapat berdampak pada kekuatan fisik dan mental atau psikologis. Hal ini yang dapat menjadi salah satu penyebab penurunan imunitas tubuh. Kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita, karena kesehatan mental yang buruk akan lebih menguras energi dan fokus kita bahkan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Olahraga yang teratur juga bermanfaat bagi kesehatan mental karena sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas fisik mampu merangsang produksi endorfin. Sedangkan endorfin sendiri merupakan bahan kimia yang berada di otak dan mampu menimbulkan rasa senang dan tenang. Untuk mengendalikan stres, kita juga dapat bersosialisasi karena mampu menghilangkan rasa kesepian yang memicu stres.

Lima poin di atas merupakan langkah-langkah menerapkan pola hidup sehat yang mudah dan dapat kita lakukan kapan saja, maka dari itu, mulailah pola hidup yang sehat dari sekarang. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, secara tidak langsung kita juga mampu meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari paparan virus COVID-19. Selain itu, dengan menerapkan pola hidup yang sehat kita juga dapat mengurangi resiko-resiko penyakit kronis yang memicu kematian. Jadi, jangan tunda untuk memulai pola hidup yang sehat ya!

 

Sumber:

Adrian, dr. K. (2021, August 24). Beragam Manfaat Olahraga untuk KESEHATAN Fisik Dan Mental. Alodokter. https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga.

Hasibuan, L. (2021, April 20). Tips jaga POLA hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20210420101141-33-239171/tips-jaga-pola-hidup-sehat-di-masa-pandemi-covid-19.

Nareza, dr M. (2020, May 4). Gaya Hidup Sehat BISA ANDA mulai Sekarang. Alodokter. https://www.alodokter.com/gaya-hidup-sehat-bisa-anda-mulai-sekarang.

Willy, dr. T. (2021, August 24). Stres. Alodokter. https://www.alodokter.com/stres.

Sannya Vanessa, Amanda Farida Zulfani, dan Levina Marcelline S

Sannya Vanessa, Amanda Farida Zulfani, dan Levina Marcelline S