TIPS ALA GEN Z UNTUK MEMINIMALISIR TERKENA ISPA

Sumber Photo: Fotografer Deemerwha Studio

Polusi udara di sejumlah kota di indonesia belum reda ditambah suhu di berbagai kota di Indonesia juga lebih meningkat dari biasanya. Polusi udara sendiri merupakan arti dari udara yang telah tercemar oleh beberapa zat yang tidak baik untuk kesehatan dan juga makhluk hidup. Polusi udara menjadi concern pemerintah Indonesia saat ini tidak hanya itu saja peningkatan suhu atau temperatur juga menjadi perhatian publik baru baru ini. Peningkatan suhu serta polusi udara terjadi di beberapa kota di Indonesia beberapa diantaranya adalah Kota Jakarta, Surabaya dan juga beberapa kota lainnya. 

Peningkatan temperatur yang terjadi ini menyebabkan suhu udara terasa lebih panas serta membuat badan lebih mudah berkeringat, tanaman dan tanah kering, mata berkunang serta pusing dan juga debu yang lebih banyak saat berada di jalanan. Dengan meningkatnya suhu juga, masalah polusi yang masih belum terselesaikan serta dengan banyak nya debu yang berada di jalanan akan menjadi sangat berbahaya khususnya untuk saluran pernapasan kita dikarenakan debu tersebut dapat menyebabkan seseorang terkena Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). Maka dari itu dalam menanggulangi permasalahan dan juga agar meminimalisir terjadinya Infeksi Saluran pernapasan pada diri sendiri ada beberapa tips yang dapat diimplementasikan sehari-hari. 

Pertama, gunakan masker saat berada di luar rumah. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia saat ini sedang terjadi peningkatan yang sangat drastis mengenai polusi udara. Baik dari asap kendaraan, maupun polusi asap dari pabrik tempat produksi. Dengan menggunakan masker maka akan meminimalisir debu yang akan masuk ke rongga pernapasan dan kesehatan pernapasan kita dapat lebih terlindungi. 

Kedua, menggunakan transportasi umum. Salah satu penyebab terjadinya polusi udara adalah asap kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan umum yang telah disediakan untuk kegiatan sehari-hari tentunya kita juga akan turut serta membantu untuk mengurangi polusi udara juga kemacetan yang ada di Indonesia. Selain itu menggunakan fasilitas umum juga menekan biaya pengeluaran bensin dan biaya rawat kendaraan pribadi.

Ketiga, selalu membawa dan minum air putih juga mengkonsumsi makanan bergizi. Di tengah teriknya sinar matahari tentu saja akan membuat tubuh lebih mudah dalam mengeluarkan keringat, maka dari itu dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti menambahkan buah dan sayur serta minum air putih yang cukup sesuai dengan ketentuan minum minimal 2 liter per harinya juga akan membuat tubuh lebih terhidrasi sepanjang hari. Selain itu mengkonsumsi makanan yang bergizi juga akan membuat tubuh lebih fit untuk menjalani hari.

Keempat, mencuci tangan sesuai dengan petunjuk yang telah dianjurkan yaitu menggunakan sabun dan air mengalir kemudian segera bebersih diri ketika sudah berada di rumah. Untuk meminimalisir transfer debu dari luar ke dalam rumah, maka disarankan untuk segera membersihkan diri dengan mandi dan langsung berganti pakaian rumah setelah berpergian keluar rumah.

Terakhir, hindari keluar rumah saat tidak ada urusan mendesak dan penting. Selain untuk terhindar dari polusi udara meminimalisir bepergian keluar rumah saat tidak ada hal yang urgent dapat meringankan pengeluaran per harinya.

Itu tadi beberapa tips yang dapat kami diberikan. Dengan adanya tips tersebut serta diimplementasikan secara baik tentunya akan membuat kita terhindar dan juga meminimalisir terkena Infeksi Saluran Pernapasan. Tidak hanya itu saja, dengan mengaplikasikan tips yang telah diberikan diharapkan juga polusi udara di Indonesia semakin berkurang kedepannya dan akan menjadi lebih baik. Tips diatas dapat membuahkan hasil yang baik apabila dibersamai dengan pengaplikasian pada tiap individu.  Semoga sehat selalu, salam sehat dan semoga bermanfaat!

Referensi :

Syahla Athalia A. dan Fayza Alifia K