PKM 2021 EnviroGreen: EnviroGreen Implementation

EnviroGreen 

Day 3 “EnviroGreen Implementation” 

PKM atau Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 diadakan pada tanggal 16 – 18 September 2021 yang mengangkat tema EnviroGreen dimana menargetkan peserta dari SMP/ SMA. 

Pada hari terakhir kita membahas EnviroGreen Implementation dimana panitia dari PKM 2021 memberikan arahan langsung kepada partisipan untuk membuat ecobrick. Workshop pada hari ini diharapkan dapat mengajarkan anak-anak SMP/ SMA tentang bagaimana cara membuat ecobrick yang baik dan benar. Supaya acara yang dilaksanakan pada hari ini berjalan dengan lancar, kami membuat breakout room yang dimana masing-masing room berisi satu sekolah. 

Dalam acara ini setiap room jadi terbagi empat sekolah yaitu: Sekolah Alam Bandung, Binus School Bekasi, SMPN 40 Bekasi, and Ananda School Bekasi. Setiap room dipandu dan diawasi oleh panitia yang berjumlah tiga atau empat yang bertugas memberikan pengarahan langsung beserta membantu bila ada yang kesusahan atau ingin bertanya

Ananda School Bekasi

Binus School Bekasi

Sekolah Alam Bandung 

SMPN 40 Bekasi

Setelah pengarahan selesai diberikan kita istirahat sejenak lalu dilanjutkan bermain Kahoot dan “Guess Who am I” yang disambut dengan antusias oleh peserta. Game Kahoot berisi 15 pertanyaan berdasarkan dari materi 2 hari sebelumnya. Game kedua peserta menebak benda apa yang sesuai dengan petunjuk kecil berisi deskripsi singkat benda tersebut. Pada sesi ini peserta berlomba-lomba agar dapat menjawab pertanyaan paling cepat. 

Pada bagian penutupan kita mengumumkan pemenang dari kedua game yang sudah dimainkan dimana Kahoot diambil 3 besar dan game kedua satu pemenang yang paling banyak mengumpulkan poin. Tidak lupa juga kita memberikan hadiah terhadap 2 orang yang sudah membuat ecobrick sesuai dengan petunjuk. Sebelum berpisah dengan partisipan kita foto bersama sambil menunjuk ecobrick yang sudah dibuat sebelumnya sebagai kenang-kenangan. Diakhiri dengan mengisi exit ticket dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran dan antusiasme mereka selama tiga hari.