MENTAL HEALTH WEBINAR “BE KIND TO YOUR MENTAL HEALTH”

Pada Hari Jum’at, tanggal 28 Agustus 2020. Organisasi kemahasiswaan Teach For Indonesia Student Community (TFISC) Universitas Bina Nusantara telah menyelenggarakan webinar dengan Judul “Be Kind to your Mental Health” dimana Webinar ini bertema mengenai kesehatan mental, webinar ini merupakan seminar yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom.
Webinar tersebut menghadirkan pembicara yang bernama Ade Binarko, Ade Binarko merupakan Founder dari sebuah platform bernama Sehatmental.id. Platform ini merupakan platform yang memberikan pengetahuan sekaligus mengedukasi mengenai kesehatan mental. Peserta dari webinar ini adalah mahasiswa Universitas Bina Nusantara dan terbuka juga untuk umum.
Tujuan diadakannya webinar ini adalah agar generasi muda dapat lebih sadar mengenai penting nya menjaga kesehatan mental. Mulai dari menerima diri sendiri dan kekurangan yang dimiliki.
Webinar ini diawali dengan sesi pembukaan dan memberikan tata tertib yang harus diikuti oleh seluruh peserta webinar agar acara berjalan dengan lancar yang dibawakan oleh MC dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana yaitu Daffa Rizki Rizaly dan yang terakhir adalah sambutkan oleh ketua umum TFISC yaitu Gabriella Silvany. Dan sesi berikutnya adalah perkenalan pembicara yaitu Ade Binarko dan sedikit memberikan gambaran umum bagaimana platform sehatmental.id yang memberikan edukasi mengenai kesehatan mental dapat terbentuk.
Setelah sesi pembukaan dan perkenalan, pembicara mulai memberikan materi mengenai penting nya kesehatan mental, mulai dari menerima diri sendiri atas kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dan mensyukuri nya, bagaimana mengatasi rasa trauma dan stress. Serta memberikan cerita dari pengalaman yang dialami sendiri oleh pembicara dan cara ia mengatasi nya.
Setelah sesi materi selesai, sesi Tanya jawab dimulai. Dimana pada sesi Tanya jawab ini peserta dapat menanyakan keluh kesah nya mengenai kesehatan mental yang dialami nya. Pada sesi ini seluruh peserta begitu antusias dalam menanyakan seputar kesehatan mental kepada pembicara.
Sesi berikut nya adalah pembicara memberikan kata kata penutup berupa motivasi hidup dalam kesempatan tersebut disampaikan “Jadilah seperti matahari yang hanya satu namun dapat menyinari banyak orang, ada masa nya matahari tenggelam namun dapat bersinar kembali”.
Setelah materi dan kata kata penutup selesai, tidak lupa adanya dokumentasi untuk mengabadikan moment. Setelah itu, seluruh peserta dapat mengisi exit ticket dan meninggalkan room zoom. Dilihat dari begitu antusias nya peserta dalam memberikan pertanyaan, dan Seluruh peserta sangat menikmati kegiatan webinar ini, maka diharapkan dengan adanya webinar ini dapat menjadi wadah untuk membantu meningkatkan kesadaran akan penting nya kesehatan mental serta memberikan dampak positif bagi seluruh peserta webinar.
Berikut adalah hasil dokumentasi webinar “Be Kind to Your Mental Health”