HUT RI Ke-76

“AGUSTUSAN DI TFISC !”

Acara “Agustusan di TFISC” menjadi salah satu event yang bertujuan untuk meningkatkan solidaritas antar pengurus dan aktivis dari tiap regional. Acara yang diselnggarakan pada tanggal 18 Agustus 2021 ini membawa semboyan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Yang berarti berbeda-beda latar belakang namun tetap satu Indonesia. Acara yang dirancang oleh tim TFISC dan dibawakan oleh Ricky Prasojo dan Nurul Fadillah selaku MC dimulai dengan meriah. Dimulai dengan pembukaan yang dilanjut dengan pembacaan proklamasi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan Pancasila untuk menambahkan semangat kemerdekaan. Acara yang berlangsung selama dua setengah jam ini diisi dengan banyak kegiatan seru. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengurus dan aktivis bisa lebih solid, memiliki kerja sama yang lebih baik, dan mampu menambah wawasan mengenai Indonesia.

Kegiatan pertama adalah games cerdas cermat. Dibawakan oleh Vincent Alfacino dan Valencia Putri yang memberikan rangkaian rules games. Games ini diadakan melalui via kahoot. Peserta masuk dengan pin yang sudah tersedia dan akan mengerjakan soal bersama. Soal games ini berisikan wawasan mengenai Indonesia dan keunikannya masing-masing mulai dari rumah adat, makanan khas, tarian, hingga tak lupa juga nama pahlawan kemerdekaan Indonesia. Games berlangsung selama 15 menit dan menghasilkan urutan terbaik dari seluruh regional. Mulai dari Alam Sutera, Kemanggisan, Bekasi, Malang, Bandung dan Senayan.

Kegiatan kedua adalah trivia. Trivia ini berisikan funfact atau fakta unik mengenai Indonesia dimana jarang orang mengetahui fakta ini. Dengan dibawakan oleh MC, dijelaskan mulai dari fakta bahwa Indonesia adalah negara berkembang pertama yang meluncurkan satelit, hingga fakta bahwa Danau Toba adalah Danau Vulkanik terbesar. Kegiatan satu ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi para peserta. Dimana ternyata Indonesia memiliki banyak keunikan yang membawa nama baik Indonesia ke rancah internasional. Dilanjut dengan kegiatan selanjutnya adalah games kedua dengan judul Tak Kenal Maka Tak Sayang. Pada games ini, peserta dari tiap regional harus mengajukan nama empat perwakilan dari masing-masing regional yang berasal dari daerah yang berbeda-beda. Sebelum games dimulai, para peserta diberi waktu persiapan selama 5 menit.

Games ini dimulai dari regional Kemanggisan yang memberikan clue asal daerah mereka tanpa menyebutkan nama daerah mereka. Maka, regional lawan harus berlomba-lomba untuk menjawab darimanakah asal daerah mereka. Jika ada regional yang menjawab benar akan mendapatkan poin untuk regional mereka. Games terus berlangsung dengan seru selama 30 menit. Games diakhiri dengan regional Malang yang menjadi regional terakhir untuk memberikan clue. Hingga regional Alam Sutera menjadi regional yang paling banyak menjawab benar.

Games terakhir adalah games tebak lagu daerah. Sama dengan games pertama, games ini memakai platform kahoot unutk melaksanakan gamesnya. Berisikan banyak jenis lagu daerah dengan soal yang memberikan clue dari judul lagu tersebut, ada 10 soal dalam games ini. Seluruh games akan dihitung nilai secara regional. Setelah seluruh games telah dilaksanakan dengan lancar, para peserta perwakilan regional diharapkan memberikan kesan pesan terhadap acara ini dan juga harapan untuk Indonesia diumur yang ke-76 ini. Sekaligus panitia juga menghitung regional mana yang memenangkan acara kali ini. Dan saat penutup telah tiba, diumumkan bahwa pemenang dari seluruh games adalah Regional Alam Sutera, disusul oleh Regional Kemanggisan dan Bandung Senayan yang jadi satu tim.

Seperti itulah acara “Agustusan di TFISC”. Acara yang meskipun diselenggarakan online, namun tetap membawa semangat kemerdekaan.

DOKUMENTASI PESERTA: