GREENDUCATION 2023

“Let’s Learn Together”

Gerakan Satu Juta Pohon atau Greenducation adalah salah satu program kerja TFI Student Community di region Alam Sutera. Tujuan utama dari program ini adalah mengembangkan mindset serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta dengan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon. Melalui edukasi yang diberikan, peserta diharapkan dapat memahami bahwa peran mereka dalam menjaga lingkungan tidak hanya sebatas penanaman pohon, tetapi juga melibatkan ide-ide inovatif dalam meningkatkan keberlanjutan lingkungan.

Greenducation tahun ini diselenggarakan dengan tema “Greenducation! Let’s Learn Together!” di Yonif 203 Tangerang, Banten. Sebagai upaya untuk mendukung kegiatan utama kami di Yonif 203 Tangerang, panitia Greenducation sebelumnya telah mengadakan kegiatan jual-beli makanan ringan sebagai sumber dana yang merupakan komitmen panitia untuk menghasilkan kegiatan yang berkualitas dan sesuai harapan. Maka dari itu, program kerja Greenducation ini tidak hanya merupakan acara penanaman pohon, tetapi juga merupakan tempat untuk membangun kesadaran, keterampilan, dan semangat kolaboratif dalam menjaga lingkungan.

Kegiatan utama Greenducation yang dilaksanakan pada 28 Desember 2023 di Yonif 203 Tangerang. Pada pukul 08.30, seluruh panitia berkumpul di BINUS Alam Sutera untuk melaksanakan briefing dan berangkat menuju Yonif 203 Tangerang bersama-sama dan telah sampai pada pukul 09.00. Setelah sampai, para panitia segera melakukan persiapan dan juga para panitia disambut dengan baik oleh para perwakilan dan peserta Yonif 203 Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan yang dipandu oleh MC dan kata sambutan dari pihak Yonif 203 Tangerang, PIC yaitu Putri Rosmadhita dan Project Manager Greenducation Anisa Kartika Dewi. Selanjutnya, kegiatan utama acara dilaksanakan. Para panitia dan peserta berjalan menuju tempat di mana akan dilakukannya penanaman pohon.

Saat kegiatan utama sedang dilaksanakan, seluruh panitia dan juga peserta saling bekerja sama dalam melakukan penanaman pohon. Para peserta dan panitia melakukan penggalian tanah, penanaman pohon, hingga penyiraman pohon bersama-sama secara bergantian. Kemudian, setelah kegiatan penanaman pohon telah selesai, panitia dan peserta beristirahat sejenak dan juga pada saat kegiatan kami melakukan kegiatan edukasi bersama para peserta dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kelestarian pohon dan juga cara merawat pohon dengan baik. Setelah itu, peserta dan panitia berkumpul bersama untuk melakukan sesi dokumentasi dan pembagian konsumsi bersama para peserta. Kemudian seluruh panitia mengucapkan Terima kasih kepada para peserta.

Setelah selesai rangkaian acara Greenducation dilaksanakan, MC menutup acara dan mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh peserta dan panitia yang terlibat. Pada pukul 11.30 seluruh panita bergegas kembali ke BINUS Alam Sutera. Melalui kegiatan Greenducation ini kami dapat menambah banyak pengalaman dan tentunya kesan yang sangat menyenangkan.

Dinda Rianti Putri & Keisha Adara