KEBANGKITAN EKONOMI INDONESIA PASCA PANDEMI AKAN MENDATANGKAN LEBIH BANYAK INVESTASI DAN LAPANGAN PEKERJAAN

Dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Indonesia berhasil menumbuhkan ekonomi Indonesia di kisaran 5% per tahunnya. Namun pada tahun 2020, Indonesia terkena dampak dari adanya pandemi virus corona yang menyebabkan ekonomi Indonesia mengalami penurunan dan bahkan sampai terjadi gelombang PHK. Namun, pemerintah tidak hanya diam melihat berbagai kerja kerasnya hilang karena adanya pandemi ini, pemerintah pun melakukan berbagai upaya dalam menangani dampak pandemi ini, pemerintah berusaha keras untuk membantu para pekerja dan perusahaan dengan cara mengeluarkan berbagai bantuan sampai Undang-Undang untuk membantu masyarakat dan para pengusaha dan sampai sekarang, pemerintah sudah tergolong baik dalam menangani pandemi ini. Lalu muncul berita baik di tengah pandemi ini, IMF atau International Monetary Fund memprediksi Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke 5 di dunia pada tahun 2024, hal ini dikarenakan kerja keras pemerintah selama ini termasuk selama adanya pandemi virus corona ini.

Seperti yang sudah kita semua ketahui, pada tahun 2020 menjadi tahun yang buruk bagi hampir semua perekonomian negara-negara yang ada di dunia, tak terkecuali Indonesia. Perekonomian hampir semua negara hancur babak belur bahkan negara dengan ekonomi yang kuat seperti Amerika Serikat perekonomiannya minus 32,9% pada kuartal kedua tahun 2020. Indonesia sendiri mencatatkan penurunan ekonomi sebesar 5,2% pada kuartal kedua tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa cepat pemerintah negara Indonesia bekerja dan berusaha untuk memulihkan kembali perekonomiannya dan juga seberapa cepat memulihkan kembali pekerjaan-pekerjaan masyarakat serta investor-invetor asing untuk berinvestasi di Indonesia.

  1. Pemerintah sudah berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat dengan berbagai cara baik berupa uang maupun berupa barang. Pemerintah juga sudah mencoba membantu dengan membuat Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law untuk membuat lapangan kerja yang besar sehingga masyarakat ter-PHK akibat adanya pandemi virus corona bisa kembali bekerja, lalu pemerintah sudah menyalurkan BLT atau Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat dan pemerintah juga sudah membuat program Kartu Prakerja untuk membuat para pekerja yang menjadi korban PHK melatih skill atau kemampuan yang dimilikinya. Pemerintah melalui kementrian keuangan juga ikut membantu perusahaan dengan cara memulai program PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional.
  2. Menurut IMF atau International Monetary Fund, Indonesia sekarang berada diposisi 16 dalam daftar negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Namun pada tahun 2024, IMF memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar no 5 di dunia, berada di belakang Republik Rakyat Cina, Amerika Serikat, India, dan juga Jepang.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, IMF secara tidak langsung berpendapat bahwa kerja keras pemerintah selama ini dan penangan ekonomi selama pandemi virus corona ini berjalan dengan baik dan berbuah manis. Menurut IMF Indonesia sekarang berada di urutan ke 16 dalam daftar negara dengan ekonomi terbesar di dunia dengan PDB atau Produk Domestik Bruto sebesar $ 1.119,19 miliar dan pada tahun 2024 akan mencapai $ 5.329,2 miliar. Dengan IMF ini, maka pada tahun 2024 Indonesia berhasil menjadi negara dengan ekonomi terbesar pertama di Asia Tenggara dan menjadi yang terbesar ke empat di Asia. Hal ini merupakan jerih payah pemerintah dalam membangun negara serta dalam penangan pandemi virus corona yang selama ini sudah dilakukan dengan susah payah.

Berdasarkan data IMF yang sudah dijelaskan diatas, hal ini ternyata sejalan dengan apa yang sudah diusahakan oleh pemerintah Indonesia, Pemerintah Indonesia selama ini sudah berupaya keras untuk menarik investor asing untuk berinvestasi di Indonesia sehingga mampu membangkitkan ekonomi Indonesia dan juga mampu membuka lapangan pekerjaan dengan jumlah yang besar serta turut membantu memajukan SDM atau Sumber Daya Manusia yang ada di Indonesia. Berarti sejauh ini pemerintah mampu menjalankan tugasnya untuk mensejahterakan seluruh masyarakat yang ada di Indonesia.

Reference:

(https://katadata.co.id/pingitaria/berita/5f198340b060b/perbandingan-pdb-indonesia-dan-negara-ekonomi-terbesar-dunia-2024, n.d.)

(https://money.kompas.com/read/2020/07/31/084125926/ekonomi-as-minus-329-persen-pada-kuartal-ii-2020-terburuk-sejak-1921, n.d.)

(https://money.kompas.com/read/2020/08/05/120854826/pertumbuhan-ekonomi-ri-minus-532-persen-pada-kuartal-ii-2020, n.d.)

Albert Haryanto