MENTAL HEALTH WEBINAR “FIGHT AGAINST TOXIC RELATIONSHIP: SIGNS, HELP AND WHAT TO DO NEXT 2020”

Di masa pandemic ini, semua kegiatan pembelajaran kita lakukan secara online. Tetapi ini tidak mengurangi kesempatan kita untuk mendapatkan ilmu melalui seminar. Seminar yang biasanya dilakukan dengan tatap muka kini telah berganti menjadi webinar. Webinar merupakan gabungan kata dari Web dan Seminar. Melalui webinar, pembicara dapat menyampaikan materi seminar dan berinteraksi langsung dengan peserta secara online.

Dengan di rumah aja, banyak sekali mahasiswa yang kerap mempertanyakan tentang kesehatan mental. Dalam rangka kepedulian terhadap kesehatan mental mahasiswa, organisasi Teach For Indonesia Student Community membuat serangkaian webinar yang mengangkan topik mental health. Pada seri mental health webinar kali ini, topik yang diangkat adalah “Fight Against Toxic Relationship: Signs, Help, and What To Do Next”. Webinar ini mengajarkan kita bahwa hubungan yang sehat terdiri atas due/lebih individu yang saling membantu bertumbuh dan berkembang. Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020 pukul 13.30 – 15.30 WIB. Dalam webinar ini, TFISC mengundangkan Kak Stefany Valentia yang merupakan mahasiswi S2 bidang profesi klinis dewasa di Universitas  Indonesia dan Ibu Nasichah Asy’ari yang merupakan lektor mental health di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Webinar Fight Against Toxic Relationship ini dimoderasi oleh Vita Anggraeni dan dihadiri oleh 195 peserta binusian dan non-binusian.

Kegiatan webinar ini dimulai dari pembukaan oleh MC dan diikuti dengan kata sambutan dari Gabriella Silvany selaku Ketua Umum TFISC 2020 dan Tasha Sutanto selaku Project Manager. Kemudian MC memperkenalkan pembicara pertama dan kedua, lalu mempersilakan pembicara untuk menyampaikan materi. Setelah penyampaian materi terdapat sesi tanya jawab yang dibanjiri oleh pertanyaan dari peserta webinar. Semua pertanyaan yang dibacakan oleh MC bersifat anonym demi menjaga privasi peserta webinar. Setelah sesi tanya jawab terdapat dokumentasi acara. Kegiatan webinar kali ini ditutup oleh kata penutup dari kedua pembicara dan diikuti oleh kata penutup dari MC. Tidak lupa, para peserta diwajibkan untuk mengisi exit ticket di akhir acara sebagai syarat untuk mendapatkan SAT bagi binusian dan E-certificate bagi seluruh peserta webinar.

Dengan adanya webinar ini, kami berharap para peserta mendapatkan banyak manfaat dan terbantu oleh materi yang telah disampaikan oleh kedua pembicara. Mengenali dan keluar dari toxic relationship memang tidaklah mudah. Maka dari itu kami berharap webinar ini dapat membantu peserta untuk mengenali ciri-ciri dari toxic relationship dan mengetahui bagaimana cara untuk menghadapinya. Bercerita dan bertanya kepada orang-orang terdekat atau para ahli tidak akan membuat kalian terlihat lemah. Ketika sebuah hubungan tidak lagi menghubungkan, jangan hanya diam. Jika kamu merasa kesulitan untuk mengakhiri hubungan yang toxic, cobalah meminta pertolongan kepada yang ahli untuk menyelesaikannya.