KADERISASI SWANARAPALA 2022

Mahasiswa Bina Nusantara Pecinta Alam (SWANARAPALA) adalah organisasi pencinta alam di Universitas Bina Nusantara. Organisasi pencinta alam yang merupakan wadah bagi mahasiswa Binus University untuk menyalurkan minat, bakat dan hobi dalam kegiatan alam bebas, seperti pendakian, climbing, caving, rafting, dan lain-lain. Selain itu, SWANARAPALA juga bertujuan untuk mengembangkan hard skill dan soft skill para mahasiswa.

Dalam keanggotaannya, SWANARAPALA memiliki tiga tingkatan yaitu: Calon Anggota, Anggota Muda, dan Anggota Tetap. Untuk menjadi Anggota Muda, para Calon Anggota wajib mengikuti kegiatan Kaderisasi. Kaderisasi merupakan serangkaian kegiatan yang berisikan materi-materi dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Anggota Muda di SWANARAPALA. Materi-materi dasar ini bervariasi dimulai dari Navigasi Darat, P2M, PPGD, dan lain sebagainya.

Kaderisasi merupakan saat dimana seluruh Calon Anggota akan diuji secara ilmu berdasarkan materi yang telah diberikan selama sebelum Kaderisasi, dan diuji secara mental agar dapat menjadi regenerasi SWANARAPALA yang terbaik. Di Kaderisasi tahun ini, konsep yang dibawakan adalah: Ahli, Disiplin, Kompak, Safety. Ahli yang dimaksud adalah ahli dalam hal praktis, seperti memahami ilmu-ilmu dan teknik pecinta alam yang akan diajarkan selama Pra-Kaderisasi. Disiplin dalam arti, para Calon Anggota SWANARAPALA harus bisa tepat waktu datang ke semua materi, memiliki integritas yang kuat untuk pribadi dan organisasi, serta selalu rapih dan siap saat di lapangan. Kompak adalah para Calon Anggota harus dapat bekerja sama dengan sesama Calon Anggota dalam pengerjaan apapun ataupun diskusi apapun. Safety adalah konsep terakhir, dimana Kaderisasi tahun ini sangat mengutamakan safety atau keamanan para Calon Anggota serta Panitia, karena sekarang Indonesia masih dalam tahap transisi dalam pandemi sehingga perlu mengutamakan keselamatan dan keamanan semua.

Tahun ini Kaderisasi akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sukamantri, Kabupaten Bogor. Alasan dipilihnya lokasi ini adalah mempertimbangkan kondisi peralihan dari pandemi, lebih spesifiknya adalah:

  1. Bumi Perkemahan Sukamantri merupakan sebuah destinasi wisata yang cukup dikenal orang banyak, sehingga memiliki infrastruktur yang bagus serta pengurus setempat yang kompeten dan welcome.
  2. Mengingat kondisi peserta yang mungkin belum optimal, lokasi persis kegiatan akan berada di area camp 2 di Bumi Perkemahan Sukamantri dan tidak akan jauh ke dalam area gunung.

Tujuan:

  • Membimbing para Calon Anggota SWANARAPALA agar dapat menjadi Anggota Muda serta pribadi yang disiplin dan memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi.
  • Melatih dan menguji keterampilan Calon Anggota SWANARAPALA berdasarkan ilmu yang telah diberikan sebagai bekal Kaderisasi.
  • Melatih dan menguji fisik dan mental Calon Anggota SWANARAPALA.