7 FILM DAN SERIAL YANG WAJIB DITONTON!

Hai Manis!!

Sejak awal Maret kemarin, seluruh pekerja dan pelajar diharuskan work from home (WFH). Kalau dihitung-hitung masa pandemi ini terasa cukup lama ya. Jadi semakin bosan di rumah terus-menerus, padahal sudah diberi pekerjaan tapi tetap merasa bosan. Kalau kalian selama pandemi ini apa aja sih yang dilakuin di rumah? Nah Manis, berikut ada beberapa film atau series yang wajib kalian tonton selama pandemi nih!

  1. PARASITE

Source : Amazon.com

Parasite adalah salah satu mahakarya dari Bong Joon Ho nih! Film ini paling menarik untuk diputar di bioskop mana pun di seluruh dunia, hingga menjadi film yang paling laku di berbagai negara. Jadi tidak heran jika film telah membawa pulang Piala Oscar 2020 Film Terbaik yang didambakan.

Source : Medium.com

Film ini berkisahkan mengenai hidup Gi Taek (Song Kang Ho) dan keluarganya yang semuanya adalah pengangguran. Dia tinggal bersama istrinya, Choong Sook (Jang Hye Jin), anak laki-lakinya Ki Woo (Choi Woo Shik) dan anak perempuan Ki Jung (Park So Dam) dengan tidak adanya gambaran masa depan yang indah. Ketika Ki Woo mendapat kesempatan bekerja untuk keluarga Park yang kaya, keluarga tersebut membuat rencana yang dapat membantu mereka mendapat masa depan yang indah dengan kemewahan. Setelah pertemuan itu, kehidupan keluarga Kim mulai berwarna dan memiliki penghasilan yang sangat cukup. Namun, seiring waktu berjalan, sedikit demi sedikit tercium bau-bau yang menegangkan. Nah sisanya coba deh tonton, dijamin seru!

  1. REPLY 1988

Source : Hiburan-dreamers.id

Bosan nonton drama Korea selalu tentang romantis komedi? Nah, ini ada satu drama Korea yang gak kalah seru genrenya loh! Drama ini bergenre persahabatan, keluarga, dan ada kisah cintanya. Dalam drama ini ada squad yang paling diinginkan semua orang karena mereka dari kecil selalu bersama dan pengertian satu sama lain sehingga sudah seperti keluarga. “Reply 1988” ini tentang persahabatan 5 remaja SMA yang diperankan oleh Hyeri, Park Bo Gum, Ryu Jun Yeol, Go Kyung Pyo, dan Lee Dong Hwi.

Di drama ini, tiap episodenya selalu ada pelajaran yang dapat diambil. Banyak kisah yang ceritakan tentang masalah hidup yang memang kita sendiri juga pasti pernah alami entah masalah sesama sahabat, atau masalah anak dan orang tua, dan konflik – konflik ringan lainnya, yang kalau dipikir-pikir memang tidak seringan itu. Pasti ada saja yang hal yang buat jadi mikir dan merenung sendiri tiap nonton episodenya. Jumlah episode ini ada 16 episode, tapi tenang saja dengan cerita yang seru pasti tidak terasa kok!

  1. MONEY HEIST

Source : newindianexpress.com

Ingin nonton yang lain selain film atau serial Korea? Tenang aja, ini ada satu serial yang berasal dari Spanyol loh! Jarang-jarang kan nonton serial dari Spanyol. Bagi kalian yang suka serial tentang kriminal terutama perampokan dan suka alur cerita yang memiliki kejadian yang tidak diduga-duga, cocok nih buat nonton “Money Heist” atau “La Casa de Papel” . Serial ini dibungkus dengan aksi kriminal oleh sekelompok geng perampok yang dipimpin oleh tokoh “Profesor” yang melancarkan aksi di sebuah kantor percetakan uang. Serial ini diberi judul “La Casa de Papel” atau dalam bahasa Indonesia artinya “Rumah Kertas”.

Kenapa sih harus nonton serial ini? Karena tidak hanya aksinya saja yang seru tapi serial ini juga memiliki alur cerita yang jenius, tidak terpikirkan dan karakterisasi anggota geng perampok dibuat begitu menarik. Setiap tokoh diberi sebutan dengan nama-nama kota. Money Heist ini terdiri dari 5 seasons dan pada tahun ini season 5 akan ditayangkan. Duh jadi tidak sabar yah!

  1. CROSS FIRE

Source : facebook.com

Selanjutnya ada nih serial asal China yang bertemakan E-Sport, nah pasti ada dong yang suka main game bahkan sampai ada yang ingin maju ke tahap yang lebih profesional (pro-player). Serial ini berceritakan tentang Lu Xiao Bei, seorang remaja yang cacat kaki akibat kecelakaan dan harus memakai kursi roda selama 11 tahun tapi dia sangat hebat dalam bermain game “Cross Fire”. Ketika dia sedang mengikuti seleksi atlet e-sport, sayangnya dia gagal. Tidak sampai disitu saja, Xiao Bei  mencoba kembali untuk ikut kejuaran dengan tim yang berbeda dan direkrut olehnya satu-persatu dengan mempunyai tujuan untuk menjadi juara Nasional.

Kenapa harus nonton series ini? Karena bisa dilihat ada adegan aksi yang digambarkan secara visual oleh para aktor (360 no scope), adanya percampuran antara gameplay dari game tersebut, dan adegan fighting menggunakan senjata api merupakan nilai plus di sini. Ditambah lagi adanya pengambilan kamera dengan menggunakan sudut pandang First Person Shooter dan juga Third Shooter Person  layaknya dalam game tersebut, kemudian terdapat juga unsur Drama, Romance, Friendship.

  1. NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI (NKCTHI)

Source : tirto.id

Nah, untuk film selanjutnya agak berbeda dari sebelumnya bahkan sedikit mengeluarkan air mata nih. Film kali ini berasal dari dalam negeri kita sendiri loh!!. Sebuah film yang cukup menggambarkan keadaan beberapa keluarga saat ini. NKCTHI merupakan cerita tentang keluarga biasa yang memiliki ayah yang protective sekali dengan anak bungsu Awan, namun Awan mulai tidak suka diperlakukan seperti itu. Di sisi lain, anak pertama Angkasa diberi tugas oleh Ayah untuk selalu menjaga kedua adik perempuannya, namun dia merasa itu merupakan sebuah beban yang berat karena dia sudah mau menikah. Kemudian anak kedua Aurora seorang yang mandiri, berbakat, dan cuek. Jauh dilubuk hatinya dia merasakan selalu menjadi yang terlupakan karena Ayahnya lebih perhatian pada Awan.

Oh iya, Tidak lupa soundtrack pada film NKCTHI juga menjadi nilai plus tersendiri bagi film tersebut. Salah satu soundtrack-nya yaitu “Secukupnya” oleh Hindia merupakan lagu yang cocok untuk film ini. Jadi bukan ceritanya saja yang bisa menyayat hati, tapi soundtrack dari film ini juga sangat mendukung loh!

  1. 3 Idiots

Source : imdb.com

Nah Manis, film selanjutnya adalah film dari India yang berjudulkan 3 Idiots. Film ini menceritakan tentang 3 orang mahasiswa di Imperial College of Engineering (ICE). Mereka menjalani suka duka dunia perkuliahan yang keras di ICE sambil bertahan dari penindasan dan tekanan Direktur ICE, Dr. Viru Sahastrabudhhe atau yang biasa dipanggil Virus oleh para mahasiswa. Ini adalah cerita tentang kehidupan asrama mereka, kisah asmara Rancho dan Pia, perselisihannya dengan mentor penindas sekaligus Direktur ICE, Dr. Viru Sahastrabudhhe.

Kalian perlu tonton film ini setidaknya sekali dalam seumur hidup! Soalnya film ini memberikan nuansa lucu, sedih, mengharukan, membangkitkan semangat, dan juga memiliki pesan moral yang sangat kuat. Terutama untuk para mahasiswa yang membutuhkan motivasi lebih, film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton.

  1. Spirited Away

Source : joypixel.id

Lagi bosen nonton yang live action? Nah, sekarang ada rekomendasi animasi klasik karya Hayao Miyazaki berjudul Spirited Away. Menceritakan tentang Chihiro, gadis berusia sepuluh tahun yang pindah ke kota lain bersama orang tuanya. Dia tidak begitu senang dengan rencana kepindahannya dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut memengaruhi dirinya. Ketika sedang mencari rute yang lebih cepat untuk ke rumah baru mereka, Ayah Chihiro mengikuti jalur kecil yang berujung ke bangunan misterius. Chihiro bersama dengan orang tuanya memasuki bangunan misterius tersebut karena rasa penasaran. Pada ujung bangunan tersebut ditemukannya suatu pedesaan yang indah, namun desa tersebut mulai menunjukkan kejanggalan dan keluarga Chihiro terjebak di desa tersebut. Penasaran kelanjutannya bagaimana? Kalian harus tonton film ini!

source: screenrant.com

Kalian harus menonton film animasi yang menjadi salah satu film animasi terbaik yang pernah diciptakan. Film ini memiliki desain art dan karakter yang sangat imajinatif serta pemilihan tema yang tidak biasa. Tidak lupa bahwa setiap frame di dalam film ini digambar dengan tangan alias tradisional. Tenang saja, karakter-karakter yang ada tidak one-dimensional dan cocok untuk semua usia.

Nah, itu dia 7 rekomendasi film dan serial yang menarik untuk ditonton selama WFH meskipun genre dan negara asalnya berbeda, namun semuanya memiliki cerita yang menarik dan pastinya wajib banget untuk ditonton!

Selamat menonton!

Yahdillah Ramadhani., Heru Alamsyah P.F., Harviatama Librianto S.