Cerita dan Karya Tulis

Hai Manis!

Sebagai pecinta teater, Manis pasti suka baca novel nggak sih? Nggak harus novel deh, cerpen atau puisi juga boleh… (Yang penting jangan lupa membaca, ya!)

Dalam dunia teater sendiri, cerita adalah hal yang sangat penting, yang kemudian akan menentukan apakah pementasan teater tersebut disukai oleh penonton atau tidak. Cerita mengajak para penonton dan pendengar untuk masuk lebih dalam lagi dan menghayati setiap menit demi menit dengan seluruh pesan yang terkandung didalamnya. Untuk itulah, cerita sangat penting dan merupakan nilai jual paling utama bagi para penonton. Namun tidak hanya untuk pementasan saja, cerita dapat banyak bentuknya, seperti cerita pendek, novel, puisi, monolog, dan lain sebagainya.

Sangat wajar kalau pecinta teater punya imajinasi yang kuat dan ingin menuangkan imajinasi mereka ke dalam tulisan, bahkan menjadikannya sebagai karya utuh yang kemudian bisa dibaca oleh orang lain. Salah satunya di STMANIS. STMANIS menyediakan wadah bagi seluruh anggota STMANIS yang ingin menyalurkan minat dan bakatnya dalam menulis kedalam sebuah media bernama ‘WatStor’.

WatStor adalah singkatan dari Wattpad Story. Media yang merupakan wadah untuk anggota STMANIS yang suka menulis dan ingin karyanya dibaca oleh orang lain, akan difasilitasi untuk dipublikasikan karya mereka di Wattpad STMANIS! Watstor ini sangat terbuka untuk setiap anggota STMANIS tanpa terkecuali dan Manis juga boleh mengirimkan karya tulisnya dalam bentuk apapun, dan tentunya bersedia jika karya Manis dipublikasikan! Novel, puisi, monolog… Cerpen juga bisa!

Nah, contohnya, ada salah satu Minis kita yang sedang dalam proses menyelesaikan karyanya yang berjudul ‘Witch Class’ dengan genre fantasi dan romantis

Witch Class oleh Ferronica L.K. (STMANIS 2021), Silahkan dibaca ya Manis! 😀 
https://www.wattpad.com/story/322500688-witch-class

Buat Manis yang masih belum tau apa sih definisi dari kedua genre ini? Fantasi adalah genre yang menggunakan latar tidak faktual atau fiksi, seperti kerajaan-kerajaan, dunia sihir, mitos, dan supranatural. Adapun genre romantis adalah cerita yang menggunakan unsur percintaan dalam kisahnya. 

Fantasi ada, romantis juga ada! Kurang apa lagi, tuh? Yuk, langsung aja follow Wattpad STMANIS dengan username @stmanis ya! 

STMANIS? Makin Manis!

Referensi:
– “Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku Fiksi” (Online).
https://www.gramedia.com/blog/genre-yang-biasa-ada-dalam-kategori-buku-fiksi/ (8 Februari 2023).

Aisya Septiandra