Tips&Tricks: Menghilangkan Rasa Gugup

Ditulis oleh
Zahra Violetta Wulandari

Untuk berakting diatas panggung dibutuhkan rasa percaya diri yang baik. Namun, sampai sekarang banyak orang yang ingin terjun dalam seni ini atau baru mulai melakukannya dengan serius masih belum merasa nyaman saat melakukannya. Hal tersebut dikarenakan rasa takut dan percaya diri yang kecil. Tetapi tenang saja, ada banyak cara untuk mengatasinya, yaitu :

  1. Tetap tenang dan rileks.

Tarik dan buang nafas dengan pelan atau meditasi sebelum naik ke panggung. Tidak usah khawatir jika terjadi kesalahan. Jika line dan semua “PR” sudah kamu hapal dan kerjakan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

  1. Gunakan lampu sorot untuk menghilangkan rasa takut.

Karena lampu sorot sangat terang dan mengarah langsung ke panggung, maka kamu tidak akan bisa melihat penonton. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus memikirkan gerakan-gerakan yang akan kamu pakai.

  1. Block out the audience

Bayangkan kalau diantara kamu dan penonton adalah dinding. Tetap berada dalam karakter dan lupakan kalau penonton ada di depan kamu.

  1. Ingat bahwa seni teater adalah adalah passionmu

Jika kamu mulai merasa gugup, ingatkan dirimu sendiri betapa pentingnya berakting bagimu. Fokus pada segala hal yang membuatmu jatuh cinta dengan seni teater. Nikmati dan bersenang-senang lah!

Jika kamu mengikutui 4 tips diatas maka rasa gugup akan hilang dan ras percaya dirimu akan semakin bagus. Break a leg!

source: m.wikihow.com