Beda Film dengan Teater

Ditulis oleh
Jovian Lukito

Dalam seni film dan seni teater memiliki banyak perbedaan. Unsur yang membedakan adalah durasi, cerita, teknis, tempat pertunjukan, artistic dan actor.

Durasi
Biasa dalam teater durasi pmentasan paling lama adalah 1 jam. Sedangkan dalam film durasi biasanya lebih dari 1 jam.

Cerita
Dalam teater, dalam durasi tersebut, cerita harus ada konflik dan penyelesaiannya saat pementasan itu berlangsung. Sedangkan film tidak harus ada karena bisa saja ada kelanjutan film seperti film star wars yang ada series-nya.

Teknis
Di teater teknis yang dibutuhkan adalah semua yang berhubungan di atas panggung. Semua itu harus diatur dengan baik dari perpindahan setting panggung, lighting, blocking dan lain lain. Berbeda dengan film yang bisa take berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Tempat pertunjukan
Tempat pertunjukan teater hanya 1 tempat paten, dapat dilakukan di indoor dan outdoor. Kelebihannya adalah memungkinkan actor berkomunikasi dengan penonton. Sedangkan perfilman kelebihannya bisa take dimana saja bahkan bisa menggunakan green screen. Namun actor tidak bisa berkomunikasi dengan penonton karena pertunjukan melalui media.

Artistic
Artistic yang ada dalam film dan teater tidak terlalu berbeda karena ada unsur lighting, property, costume, dan make-up. Tetapi yang membedakan adalah salah satunya lighting. Dalam teater unsur lighting harus lebih terlihat, lebih focus pada titik apa. Sedangkan film lighting digunakan sebagai hiasan yang menunjukan latar tersebut contohnya pada siang hari ada sinar matahari.

Actor
Actor teater dan film seringkali berdebat tantang acting yang benar seperti apa. Actor dalam teater harus menguasai penuh pedalaman character dalam naskah. Karena dalam panggung pertunjukan teater yang dilihat oleh penonton dari actor seluruh tubuh, dari ujung kaki hingga ujung rambut. Sedangkan perfilman tidak harus menggerakan seluruh tubuh karena semua tergantung camera. Jikalau camera take hanya bagian badan sampai kepala, actor hanya perlu menguasain pedalaman character sebatas itu saja.