Our Next General President: Wilson Liviandy

“Every beginning has an end and every end is a new beginning.”

Sama seperti kutipan tersebut, masa kepengurusan suatu UKM tentu memiliki awal dan akhir. STAMANARA sebagai salah satu UKM yang sudah cukup lama berdiri di naungan Universitas BINUS tentu akan mengalami siklus regenerasi dan pergantian ketua setiap tahunnya. Di saat para Binusian 2022 masuk BINUS, STAMANARA sedang dipimpin oleh kak Alexandra Deadora, yang lebih dikenal sebagai kak Dea. Di tahun 2019, STAMANARA berkembang pesat dan mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia di Kamboja disaat tahun jabatan kak Manache Moivre. Di tahun 2020 yang akan mendatang ini, siapakah General President STAMANARA selanjutnya?

Yap, benar sekali! Seperti yang tertera di judul artikel ini ketua UKM STAMANARA periode 2020 adalah Wilson Liviandy! Dalam pemilu ketua STAMANARA yang diadakan pada tanggal 13 Oktober 2019 terdapat 3 kandidat ketua umum, namun setelah mendengarkan kampanye dan presentasi program kerja para calon ketua umum akhirnya terpilihlah ketua pilihan kami yaitu Wilson.

Dengar-dengar sih ketua umum kita yang selanjutnya ini memang punya karakteristik yang cocok banget buat jadi ketua, penulis juga udah sempet tanya-tanya nih sama beberapa anggota STAMANARA kenapa kok mereka percaya kalau Wilson adalah kandidat yang terbaik. Beginilah respon mereka:

“Wilson itu orangnya bisa merangkul semua orang dan ngepush anak-anak yang membutuhkan dorongan. Dia juga tipe orang yang selalu ada disaat dibutuhkan.” – Veronica Fenella Tandil, STAMANARA Regional President Kemanggisan 2020.

“Waktu sekelompok sama dia pas Dance Camp, dia jadi ketua kelompok terus berasa banget kalo dia bisa memimpin dan cocok jadi pemimpin dari cara dia mimpin kelompok kita yang notabene masih berskala kecil.” – Anastasia Vanessa, STAMANARA Coordinator of Creative Kemanggisan 2020

 

Kalo dari penulis sendiri sih merasa kalo Wilson emang cocok buat jadi ketua STAM selanjutnya terutama karena dia orangnya punya pendirian yang kuat tapi at the same time still open to others’ opinions juga

 

Bagi kalian yang belum tahu tentang Wilson boleh banget nih lihat mini biography nya dibawah ini hehe

Nama: Wilson Liviandy

DoB: March 3, 2000

Likes: Building gunpla, movies, dancing

Dislikes: Heat, boring things

Motto in life: “Stupid is as stupid does”

 

Buat kalian para CAANG STAMANARA 2019 jangan lupa ya diinget-inget nih infonya, karena inilah ketua kalian selama setahun kedepan, siapa tahu infonya bisa kalian pake misalnya kalo kalian mau ngasi hadiah buat ulang tahunnya hehehe.

Oh iya, disini penulis juga sempet ngadain sesi interview bareng General President 2020 STAMANARA loo, yuk kita cari tahu lebih dalem tentang apa yang ingin dilakukan Wilson di masa jabatannya dan apa harapannya untuk para anggotanya.

 

Q: Hi Wilson, congrats yaa udah terpilih untuk menjadi General President STAMANARA 2020. Gimana nih rasanya udah mendapat kepercayaan dari anggota buat mimpin STAMANARA di tahun 2020?

A: Jujur seneng tapi disaat yang bersamaan takut. Karena aku dipercaya sama temen-temen dan kakak-kakak di STAMANARA untuk memimpin jalannya STAMANARA selama satu tahun kedepan. Tapi takut karena banyak banget tantangan yang harus dilewatin baik internal maupun eksternal.

 

Q: Hmm.. Tantangan memang mau gamau harus dihadapi sih kalau kita berorganisasi. Berhubung tantangan itu benernya ada banyak banget, boleh jelasin tantangan yang kamu maksud gimana ga Wil?

A: Tantangan yang dilawan itu ada macem-macem kan baik internal maupun eksternal. Contoh paling gampangnya tuh karena kita salah satu OK (Organisasi Kemahasiswaan) di BINUS, tentunya kita punya roadmap dan timeline dong. Contohnya Bodygroove yang merupakan event terbesar STAMANARA sendiri perlu persiapan dan pelaksanaan yang bener-bener mateng. Nah, persiapannya sendiri aja perlu waktu lama, apalagi banyak event lain yang diadain sebelum bodygroove juga. Dan yang paling terutama setiap anggotanya punya kesibukan masing2, entah urusan kuliah maupun urusan tim yang mereka ambil di STAMANARA. Jadi dalam pembagian jobdesc n timeline untuk setiap anggotanya aja sudah susah, dan itu cuman sebagian kecil dari tantangan yang bakal dihadapin nanti.

 

Q: Apa sih doronganmu buat jadi ketua umum selanjutnya? Emang sudah dari awal masuk STAMANARA kah atau baru-baru ini?

A: Alasan dan tujuan utama ku sih karena aku mau membuat STAMANARA jadi lebih baik lagi. Dulu pas masih jadi maba aku join banyak ukm, dan emang rencananya mau kepengurusan di salah satunya buat pengalaman. Tapi setelah join beberapa UKM, aku merasa paling nyaman dan cocok di STAMANARA. Seiring jalannya waktu, aku jadi bener-bener care sama STAMANARA dan orang-orang didalemnya. Karena itu aku pun mempertimbangkan buat naik kepengurusan di STAM. Akhirnya puji Tuhan aku pun naik jadi ketua umum.

 

Kalo memang udah kecantol ya pasti gamau lepas dan mau membantu agar bisa menjadi lebih baik. Bener ga kawan-kawan anggota STAMANARA?

Btw nih, bagi kalian yang belum tahu, kita juga ada video kampanye Wilson nih buat kalian yang pengen cari tahu apa sih Visi dan Misi Wilson untuk STAMANARA kedepannya.

Click here to check the vid!

Okay, mari kita lanjut ke pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Kita akan cari tahu lebih banyak tentang cara pandang Wilson terhadap gaya kepemimpinannya dan bagaimana ia melihat kondisi STAMANARA sekarang.

 

Q: Kalau menurut kamu sendiri tipe kepemimpinanmu itu kaya gimana?

A: Menurut pendapat sendiri, tipe kepemimpinan ku adalah demokratis. Karena menurut ku tipe kepemimpinan inilah yang paling ideal untuk diterapkan. Menjadi seorang leader/ketua bukan berarti kita mendorong dan mengutamakan tujuan personal, tapi lebih menjadi titik pemersatu pendapat dan pikiran setiap anggota. Aku nyebut diri sendiri pemimpin yang demokratis karena aku sangat menghargai pendapat orang lain, karena setiap orang mempunyai point of view yang berbeda dimana kita harus bisa melihat situasi dan kondisi dari posisi orang lain juga.

 

Q: Menurutmu kondisi STAMANARA sekarang itu gimana? Ada yang pengen kamu ubah ga? Apa sih inovasi yang mau kamu berikan buat stam di masa jabatan mu?

A: Kondisi STAMANARA sekarang udah bagus, terutama karena kepengurusan sebelumnya yang dengan baik ngejalanin tugas mereka. Tapi aku berharap ditahun kepengurusan ku nanti kinerja dan prestasinya bakal meningkat. Baik itu secara OK BINUS maupun sebagai komunitas tari. Untuk perubahan aku merasa stamanara udah bagus dan cukup banget, paling beberapa perubahan internal saja biar makin lancar jalannya. Inovasi yg mau aku kasi di kepengurusan ku sih simpel, intinya kekeluargaan. Karena aku merasa di STAMANARA yang sekarang ini kekeluargaannya uda berasa, tapi bisa lebih jauh dikembangkan. Thats why inovasi ku seputar acara dan event bonding yang bisa bikin STAMANARA makin solid dan kekeluargaan.

 

Betul banget nih, ini dia tipe ketua yang patut di contoh. Seorang pemimpin yang benar memang harus memperhitungkan pendapat anggota, bukan langsung terjun berdasarkan keinginan sendiri. Inovasi untuk meningkatkan kekeluargaan juga memang sangat penting, karena jujur saja yang membuat kita betah di dalam STAMANARA itu karena adanya sense of belonging yang muncul karena adanya rasa kekeluargaan itu juga (penulis juga kecantol di STAM karena emang udah terlanjur sayang ama anak-anak yang lain juga lo hehe).

2 pertanyaan terkahir yang kami tanyakan berkisar kepada kriteria kepengurusan dan harapannya terhadap CAANG 2019, bagi kalian yang ingin berkontribusi lebih banyak sebagai anggota kepengurusan STAMANARA, disimak baik-baik yaa!

 

Q: Tentu di suatu organisasi itu kamu sebagai ketua butuh orang-orang yang bakal membantu merealisasikan target kamu, kira-kira kriteriamu untuk orang-orang tersebut itu apa?

A: Yang pasti orang itu harus punya kepribadian yang baik. Yang paling utama menurut ku itu keterbukaan dan rendah hati. Karena orang yang ga punya pengalaman atau skill pun bisa jadi bagus asalkan dia mau belajar dan mencoba. Aku lebih prefer pengurus ku orang-orang yang niat dan mau belajar walaupun mereka belum mengerti daripada orang yang udah pinter tapi sombong dan ga mau belajar hal baru. Jadi it all comes down to their persobality.

 

Q: Barusan ini kan kita kedatangan anggota baru stam, atau yang bisa kita sebut CAANG 2019 nihh, apa harapanmu buat mereka?

A: Semoga mereka nyaman dan enjoy being here, doing things with us. Semoga mereka bisa dapat banyak pengalaman dan pelajaran penting yang bisa mereka terapin ga cuman di kuliah tapi di kehidupannya juga nanti. Semoga mereka bisa jadi bagian dari keluarga kita, karena sekali STAMANARA, maka selamanya STAMANARA. Ahee~~

 

Okay! That’s a wrap! Thank you banget Wilson sudah mau diinterview buat artikel ini. Panjang juga ya kawan-kawan haha. Jangan lupa untuk like dan comment ya!

Inilah General President STAMANARA periode 2020, yuk teman-teman, kita bantu Wilson untuk mengembangkan STAMANARA agar bisa menjadi lebih baik lagi.

STAMANARA? Ahee!

Sebastiann Nussmann Wetik