MAKRAB STAMANARA 2020 OTISTA: Cozy Time With STAMANARA

MAKRAB STAMANARA 2020
OTISTA: Cozy Time With STAMANARA

STAMANARA selalu rutin mengadakan Malam Keakraban setiap tahunnya. Oleh karena itu, kegiatan Malam Keakraban alias MAKRAB tidak boleh dilewatkan meski belum bisa berjumpa secara langsung. Pada tanggal 30 Januari 2021 kemarin, STAMANARA menyelenggarakan kegiatan MAKRAB dengan mengangkat tema OTISTA — Cozy Time With STAMANARA. Melalui tema ini, diharapkan seluruh partisipan dapat menghabiskan waktunya dengan tenang sembari berbincang hangat mengenai STAMANARA. Untuk menambah kesan ambience yang santai, seluruh partisipan menggunakan pajamas atau baju rumah yang nyaman. Kegiatan ini dihadiri oleh keluarga STAMANARA dari berbagai generasi: mulai dari angkatan 2011 hingga angkatan 2019.
Selagi menunggu partisipan yang lain, playlist lagu lo-fi yang menenangkan diputar dalam room Zoom Meetings. Tepat pukul 16.15 WIB, acara dimulai dengan perkenalan MC yang diikuti oleh kata sambutan dari ketua MAKRAB tahun ini, Kezia. Tidak lupa, Eufra selaku perwakilan panitia memimpin doa pembuka agar acara bisa berjalan lancar dan bermanfaat bagi seluruh partisipan. Acara dilanjutkan oleh permainan Tebak Senior dimana panitia menampilkan beberapa foto senior STAMANARA terdahulu. Namun, penampakan asli senior tersebut tidak ditampilkan secara jelas agar permainan menjadi lebih menantang. Seperti terdapat dua senior yang digabungkan mukanya, foto senior yang di blur, hingga foto-foto yang diperbesar ke salah satu bagian mukanya. Tenang saja, clue sudah disiapkan dengan menggambarkan senior tersebut secara STAMANARA guna membantu partisipan dalam menajawab. Beberapa senior yang fotonya ditampilkan nampaknya hadir dalam kegiatan MAKRAB ini dan MC mempersilahkannya untuk langsung memperkenalkan diri serta berbincang ringan.
Selanjutnya, seluruh partisipan dibagi ke dalam lima breakout room untuk permainan berikutnya. Panitia sudah menunggu di dalam setiap breakout rooms dan partisipan pun satu persatu masuk. STOPOTS — games yang dimainkan dalam setiap ruangan. Singkatnya, permainan ini serupa dengan ABC Lima Dasar dimana nantinya akan muncul satu huruf secara acak dan peserta harus berhasil melengkapi dua belas kategori yang ada dengan awalan huruf tersebut. Dari kelima pemenang di masing-masing ruangan, babak final pun diadakan di main room. Kategori untuk penentuan juara ini pastinya sudah dinaikan tingkat kesulitannya agar semakin menegangkan. Setelah melalui beberapa round, permainan dimenangkan oleh Kak Tania.
Tak terasa hari sudah semakin malam, panitia menyediakan istirahat sejenak untuk peserta makan dan minum, juga teman-teman yang harus menunaikan ibadah shalat maghrib. Panitia memberikan babak lain untuk STOPOTS bagi partisipan yang memutuskan untuk tetap tinggal dalam ruangan. Pukul 18.40 WIB, acara MAKRAB dilanjutkan dengan permainan Tebak Gambar yang cukup menguras tenaga untuk berpikir. Ditampilkan beberapa potongan gambar yang tidak memiliki kesinambungan jika dilihat begitu saja, namun sebenarnya tersimpan makna dibalik itu semua sehingga gambar-gambar tersebut dapat disusun menjadi suatu kata-kata. Permainan ini berjalan dengan ramai karena tak jarang partisipan merasa heran dengan “cocokologi” yang diciptakan gambar-gambar ini. Permainan Tebak Gambar berhasil dimenangkan oleh Kak Ariel.
Lalu kami sampai dalam puncak dari kegiatan MAKRAB setiap tahunnya yaitu Sharing Session. Pertanyaan-pertanyaan diajukan untuk para senior agar STAMANARA bisa semakin baik lagi kedepannya. Beberapa senior STAMANARA pun menjawab pertanyaan dari MC dan melakukan sharing yang sangat bermanfaat. Mulai dari perkenalan, suka duka saat masih aktif di STAMANARA, dan juga pastinya memberikan banyak nasihat dan wejangan supaya STAMANARA semakin berkembang. Terkadang juga terjadi semacam “reuni kecil” antar senior yang sudah lama tidak berjumpa. Oleh karena itu, kegiatan ini juga diselingi canda tawa dari partisipan lainnya.
Wah, meskipun terpaksa dilaksanakan secara virtual, tetapi kegiatan MAKRAB 2020 ini masih tetap dapat memancarkan kehangatan antar anggota STAMANARA. Semoga dengan adanya acara MAKRAB 2020 ini, komunikasi dan juga kehangatan sebagai keluarga STAMANARA dapat tetap terjaga walaupun ditengah pandemi virus Covid-19 ini.
STAMANARA? AHEE!