Tarian dari Sumatera Utara

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kekayaan budaya. Salah satunya dalam hal tarian Indonesia memiliki banyak sekali dan mempunyai ciri khas masing-masing sesuai daerahnya. Contohnya daerah Sumatera Utara yang mewariskan budaya turun-menurun lewat tarian. Ada beberapa jenis tarian yang ada di Sumatera Utara, yaitu:

1.Tari Serampang Dua Belas

Tarian ini populer ketika di bawah Kesultanan Serdang yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis tarian ini dimainkan sebagai tari pergaulan yang memiliki pesan tentang perjalanan anak muda mencari jodohnya. Tarian ini sebagai media masyarakat untuk mengajarkan tata cara mencari jodoh untuk generasi muda.

2. Tari Tor-Tor Tujuh Cawan

Tarian ini memiliki cawan dan setiap cawan dalam tarian ini memiliki maknanya. Cawan 1 mengandung makna kebijakan, cawan 2 bermakna kesucian, cawan 3 bermakna kekuatan, cawan 4 bermakna tatanan hidup, cawan 5 bermakna hukum, cawan 6 bermakna adat dan budaya serta cawan 7 bermakna penyucian atau pengobatan. Tujuan tarian ini adalah untuk menolak bala bagi orang yang hadir di tempat tersebut.

3. Tari Piso Surit 

Tarian ini memiliki makna menggambarkan gadis yang menunggu kekasihnya. Hal ini digambarkan dengan sedih seperti burung piso surit yang memanggil-manggil. Karena terdengar bunyi yang menyedihkan, sehingga jenis burung tersebut dalam bahasa Karo disebut juga dengan “Pincala” yang bunyinya nyaring dan berulang-ulang yang disebut dengan bunyi piso surit.

4. Tari Persembahan 

Tarian ini mempunyai nama lain yaitu Tepak Sirih dan dilaksanakan ketika menyambut tamu penting yang datang ke sebuah acara. Tarian ini melambangkan sepasang kekasih yang memakai busana adat Melayu dengan lengkap. 

5. Tari Toping Toping

Tarian ini merupakan jenis tarian tradisional yang berasal dari suku Batak Simalungun yang biasanya dilaksanakan ketika acara berduka untuk kalangan keluarga kerajaan. 

Nah, itulah beberapa tarian dari Sumatera Utara. Jangan lupa cek instagram kami ya, di @stamanara untuk informasi-informasi menarik lainnya! Semoga membantu.

 

STAMANARA? AHEEE~