Teater Musikal Broadway dan Ceritanya

Broadway merupakan sebuah nama jalan di sepanjang Manhattan, Kota New York, Amerika Serikat. Bagi para penikmat musik, terutama teater musikal, nama jalan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Broadway sendiri memang dikenal dengan banyaknya teater yang sering menampilkan berbagai macam penampilan teater musikal yang dipersembahkan oleh para seniman dari berbagai kalangan usia, gender, dan lain-lain.

Teater musikal itu sendiri adalah suatu pertunjukan yang menggabungkan nyanyian, tarian, acting, dan dialog untuk disuguhkan ke penontonnya.

Teater Broadway pertama kali diasosiasikan oleh American Theaters pada tahun 1735. Pada akhir abad yang ke-20, nama jalan ini digunakan untuk merujuk pada distrik teater, sebuah kelompok, dan sebuah sensibilitas.

Benar adanya bahwa pada awalnya teater musikal di Broadway tidak begitu memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan mereka menampilkan karya-karya yang sederhana dan biasa.

Teater Broadway beserta isinya semakin dikenal di seluruh dunia, bahkan oleh orang-orang yang bukan penikmat musik sekalipun. Dengan menghadirkan Disney dalam salah satu penampilan teater musikal di Broadway, semakin menarik atensi khalayak ramai. Disney pertama kali menyumbang penampilan di teater ini pada tahun 1994 dengan membawakan kisah Beauty and the Beast. Alhasil, penampilan ini dinominasikan mendapat Sembilan nominasi dalam penghargaan Tony Awards.
Berikut merupakan beberapa judul pertunjukan teater musikal Broadway terbaik versi majalah Times tahun 2019:

1. The Lehman Trilogy
Pertunjukan ini mengisahkan dua kakak-beradik yang mengalami jatuh dan bangkit dalam hidupnya. The Lehman Trilogy sendiri ditampilkan di Park Avenue Armory dengan membawa kecanggihan teknologi yang membuat pertunjukan ini semakin fantastis.

2. The Inheritance
The Inheritance menceritakan kisah sekumpulan pria yang terlalu banyak berbicara yang hidup di New York. Pertunjukan ini menerima banyak pujian, hingga disebut bahwa karya ini termasuk sebagai salah satu masterpiece di tahun 2019.

3. Slave Play
Ditulis oleh Jeremy O Harris, pertunjukan musikal yang satu ini berhasil membuat penontonnya mendapatkan terapi kejut.

4. Hadestown
Hadestown mengisahkan suatu mitos yang berkembang di Yunani. Hebatnya, Hadestown sendiri berhasil mencetak prestasi dengan bukti bahwa judul ini masuk ke dalam 14 nominasi dalam Tony Awards.

5. What the Constitution Means to Me
Pertunjukan yang satu ini dipentaskan di Broadway dengan sentuhan komedi yang memukau para penontonnya. Akibat kesuksesannya, karya Heidi Shreck ini berhasil masuk ke deretan finalis dalam Pulitzer Prize 2019.

Indonesia sendiri sudah mulai bergerak untuk mengirimkan seniman-seniman berbakat dalam negeri untuk ikut tampil dalam teater musikal Broadway. Bersama dengan IndonesiaKaya, melalui program mereka yang bernama Ruang Kreatif, mereka menjalankan Indonesia Menuju Broadway. Program ini pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 2019 lalu.

Karya: Yohana Mega Karina Barus
Referensi:
https://www.pojokseni.com/2021/06/10-pertunjukan-teater-terbaik-broadway.html

Perkembangan Drama Musikal Di Broadway


https://www.thefineryreport.com/articles/2021/11/4/cahaya-terang-broadway-menyinari-dunia