Selera Musik Milenial Indonesia

Genre musik yang ada saat ini semakin bervariasi. Setiap orang dengan leluasa dapat menentukan genre musik apa yang paling cocok ditelinga masing-masing. Genre musik yang bervariasi ini juga mengubah cara setiap orang mendengarkan musik. Ada yang tetap setia pada satu genre musik, namun ada yang mendengarkan banyak genre musik tergantung keadaan, suasana hati bahkan mengikuti apa yang viral di media sosial. Keadaan seperti ini yang banyak dialami anak muda sekarang, menjadikan selera musik para milenials menjadi semakin unik bahkan ‘random’.

Karena banyak musik baru yang bisa dicari dan didengarkan dengan mudah, anak- anak milenial cenderung lebih cepat bosan, dan tidak fokus menggemari satu genre musik. Berdasarkan hasil survey Vevo (situs streaming musik) melalui wawancara kepada 2000 responden ditahun 2015, para milenials selalu mencari lagu yang baru dirilis untuk didengarkan. Dilansir dari tirto.id, anak-anak muda cenderung menyukai jenis musik yang gembira, positif, dan bersemangat. Namun kesukaan itu juga dapat berubah-ubah tergantung mood masing-masing orang. Genre musik yang disukai juga sangat beragam mulai dari R & B, Hip-Hop, Top musik Pop, serta genre-genre budaya populer seperti K-Pop, J-Pop, Regional Meksiko, Bollywood, musik Spanyol Kontemporer, dan tak lupa musik dari negara asal masing-masing.

Kebanyakan selera musik anak milenial saat ini muncul dari berbagai referensi yang ada di media sosial seperti mendengar playlist orang lain atau dari backsound vidio orang lain.
Selain jenis musik tersebut, dilihat dari media sosial dan situs streaming musik para milenial di Indonesia juga sangat suka mendengarkan genre musik yang hype saat ini seperti:

Folk
Atau yang biasa disebut “musik rakyat”. Jenis musik ini cukup populer dikalangan anak muda Indonesia, dengan lagu-lagu seperti ‘Untuk Perempuan yang di Pelukan’ milik Payung Teduh, dan ‘Dialog Hujan’ oleh Senar Senja. Jenis musik ini sangat booming karena ringan dan santai dengan menitikberatkan permainan musik akustik.

EDM
Jenis musik ini menjadi favorit para milenial karena mengandung unsur yang positif, gembira dan membangkitkan semangat. jenis musik ini kebanyakan didengarkan oleh para milenial dengan para musisinya seperti The Chainsmokers, Zedd, dan lagu di Indonesia yang baru booming hingga ke mancanegara beberapa bulan lalu yaitu ‘Lathi’ oleh Weird Jenius dan Sara Fajira.

Future soul
Merupakan gabungan genre musik soul dan R & B kontemporer. Musik ini terdengar modern dengan memasukan unsur musik hip-hop, dubstep, atau chiptune kedalamnya. Contoh lagu Indonesia misalnya ‘Anganku Anganmu’ oleh Raisa dan Isyana.

Selera musik anak muda memang berubah-ubah, namun musisi yang mampu tetap relevan dengan selera musik para milenial dan yang mengikuti perkembangan zaman yang akan tetap bertahan di chart karena akan lagu-lagunya akan selalu ditunggu-tunggu. Dan meski selera musik para milenials berubah-ubah, harapanya milenials tetap bangga dan mendengarkan lagu-lagu oleh para musisi Indonesia agar semakin dikenal dimanca negara, bahwa Indonesia juga punya musik berkualitas yang relevan dengan zaman.

Author: Juwanti Ovianingsi Panusi
Referensi:
Haryanto, A. (2016, Nov 19). Musik. Retrieved Jan 11, 2021, from Tirto.id: https://tirto.id/memahami-selera-musik-milenial-b49a
Noviana, R. (2019, Okt 8). Music. Retrieved Jan 11, 2021, from indozone: https://www.indozone.id/music/jzsyAl/ini-genre-musik-yang-digemari-generasi-milenial/read-all
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Fkumparanstyle%2Fmemahami-selera-musik-generasi-milenial&psig=AOvVaw0U611yFl88heWQKDH72E02&ust=1630228524239000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCIC0sdOw0_ICFQAAAAAdAAAAABAD
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.mldspot.com%2Ftrending%2F4-jenis-aliran-musik-yang-digandrungi-milenial&psig=AOvVaw0U611yFl88heWQKDH72E02&ust=1630228524239000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCIC0sdOw0_ICFQAAAAAdAAAAABAJ