Musik Sebagai Pembentuk Identitas Kebudayaan Indonesia

Musik telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia sehari-hari. Alunan instrumen dan lagu nyanyian telah menjadi hal yang lumrah dan dinikmati oleh setiap kalangan masyarakat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, musik dinikmati oleh orang-orang sesuai dengan preferensi masing-masing. Musik memiliki banyak kelompok tipe atau genre yang pada umumnya membagi masyarakat dalam preferensi terhadap musik menurut umur, generasi, hobi, serta berbagai faktor lainnya. Anak-anak cenderung memiliki selera musik yang berbeda dengan orang tua, bahkan orang dengan rentang umur yang sama pun bisa memiliki selera musik yang berbeda. Dari hal ini, kita dapat melihat bahwa musik juga berperan penting dalam identitas dan keunikan masing-masing manusia.

Jika musik memiliki peran dalam membentuk identitas manusia, bagaimana dengan musik yang membentuk identitas negara kita, Indonesia? Adanya modernisasi dan perkembangan teknologi telah membawa arus musik yang baru dalam kehidupan masyarakat. Musik klasik, musik jazz, musik pop, serta berbagai macam genre musik lainnya telah turut serta dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan, jika melihat dari pengalaman sehari-hari, musik dari negara lain yang juga dapat dianggap sebagai budaya lain sangat disukai dan laku di Indonesia. Hal yang menjadi persoalan adalah musik Indonesia yang kurang dilirik dan dianggap “tidak keren”. Sudah bukan hal yang baru jika kita menemui anak-anak yang lebih mengetahui musik asing dibanding musik budaya Indonesia.

Adanya kondisi seperti ini juga mendorong musisi Indonesia untuk “menyesuaikan” karya dengan musik asing agar disukai oleh banyak orang. Jika musik Indonesia semakin lama semakin “tercampur” dengan musik asing, bagaimana nasib musik Indonesia berpuluh-puluh tahun ke depan, apakah masih bisa dikatakan sebagai musik khas Indonesia? Lagu, instrumen, dan alat musik daerah/tradisional yang dimiliki oleh Indonesia merupakan musik Indonesia yang seharusnya menjadi identitas Bangsa Indonesia. Melalui keragaman musik yang dimiliki oleh Indonesia, kita dapat menyatakan identitas kita sebagai Bangsa Indonesia yang kaya akan kebudayaan. Sebagai bangsa Indonesia, kita seharusnya bangga karena memiliki budaya musik yang unik dari setiap daerah di Indonesia.

Upaya melestarikan ciri khas dan budaya musik Indonesia harus selalu dilakukan. Anak-anak harus diberikan pendidikan serta pengalaman langsung dalam menikmati budaya musik Indonesia agar mereka tidak merasa asing dengan musik Indonesia. Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan memegang peran penting dalam pembangunan Bangsa Indonesia untuk kedepannya, maka akan menjadi hal yang menyedihkan apabila mereka tidak mengenal musik Indonesia yang juga merupakan identitas Bangsa Indonesia. Hal ini bukan berarti kita tidak bisa lagi mendengar musik asing dan harus selalu mendengar atau membuat karya dengan musik tradisional. Tentu saja kita dapat mengeksplor dan menikmati musik lain yang juga merupakan kebudayaan lain. Hal yang menjadi poin penting di sini adalah bagaimana kita tidak melupakan dan membuat musik khas Indonesia menjadi punah atau menjadikan musik Indonesia sendiri menjadi sesuatu yang asing bagi kita, namun bagaimana kita mengimbangi dan selalu melestarikan budaya musik Indonesia sebagai identitas Bangsa Indonesia, bangsa yang kaya akan budayanya.

Author: Giveny Militia Kristy Illene Tinangon

Referensi:
http://jeremialeonard.blogspot.com/2017/05/musik-merupakan-salah-satu-unsur.html#:~:text=Musik%20merupakan%20salah%20satu%20unsur,identitas%20kebudayaan%20masing%2Dmasing%20suku.
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fcommons.wikimedia.org%2Fwiki%2FFile%3AGamelan_Musik_Tradisional_Indonesia.jpg&psig=AOvVaw0HQLoCGpNdhZMxPnlC__iJ&ust=1618582869880000&source=images&cd=vfe&ved=0CAMQjB1qFwoTCPi8i5-5gPACFQAAAAAdAAAAABAQ