Melestarikan Musik Indonesia

Indonesia, negara kita yang dikenal dengan kekayaan sumber daya alam dan budaya yang melimpah. Sebagai bangsa Indonesia, tentu saja kita memiliki kebanggan tersendiri jika merenungi betapa banyak kekayaan alam dan budaya yang unik yang kita miliki. Dari berbagai suku, ras, dan daerah Indonesia memiliki budayanya masing-masing yang tentu saja unik dan beragam. Di balik kekayaan budaya ini, kita juga memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga, melestarikan, dan mengapresiasi budaya tersebut, khususnya para generasi muda yang harus menghadapi tantangan di era globalisasi ini.

Salah satu budaya Indonesia yang harus lestarikan adalah musik tradisional Indonesia. Setiap daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki budaya musik yang unik dan indah sesuai dengan ciri khas yang menggambarkan kehidupan di daerah tersebut. Di era globalisasi ini, musik tradisional seakan-akan kalah terhadap musik luar yang memasuki Indonesia dan membuat masyarakat Indonesia lambat laun meninggalkan musik tradisional. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh mendengarkan musik lain selain musik tradisional Indonesia, melainkan kita juga harus menyempatkan diri untuk mengapresiasi dan melakukan upaya yang bisa membuat orang-orang juga dapat menikmati keunikan musik tradisional Indonesia.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai upaya melestarikan musik tradisional Indonesia.

1. Mempelajari terlebih dahulu makna dan sejarah dari musik tradisional Indonesia.
Jika kita tidak memahami makna dan sejarah yang terkandung dari suatu kebudayaan, maka kita tidak bisa mengapresiasinya secara maksimal. Jika kita bisa mempelajari makna dan sejarah dari suatu musik tradisional, maka kita dapat menikmati budaya tersebut dengan baik dan dapat merekomendasikannya kepada orang lain. Kita dapat mempelajari musik tradisional dengan menggunakan media internet, bertanya pada ahli, atau mengikuti pertunjukan musik tradisional.

2. Memainkan alat musik tradisional.
Selain mempelajari makna dan sejarahnya, kita juga dapat belajar bagaimana cara memainkan alat musik tradisional atau menyanyikan lagu daerah. Kita dapat ikut serta dalam menampilkan pertunjukan musik tradisional dan sebagainya.

3. Memanfaatkan media sosial.
Media sosial telah mengambil bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat di era globalisasi. Media sosial seakan menjadi standar atau patokan gaya hidup dalam kehidupan sehari-hari. Melalui media sosial, kita dapat mengenalkan atau mengkampanyekan musik tradisional agar dikenal oleh masyarakat luas, baik masyarakat Indonesia sendiri maupun masyarakat luar. Maka dari itu, ilmu mengenai makna dan sejarah musik tradisional Indonesia perlu untuk kita pelajari agar kita memiliki bekal untuk mengenalkannya pada orang lain.

4. Mengapresiasi para pengrajin dan penampil musik Indonesia.
Di balik indahnya suatu alat musik tradisional dan merdunya suara yang dihasilkan alat musik tersebut, terdapat para pengrajin yang bekerja keras untuk membuat alat musik tersebut. Kita dapat membantu mereka dalam segala bentuk apresiasi sebagai salah satu cara melestarikan musik Indonesia. Selain itu, kita juga dapat memberikan dukungan bagi para penampil yang secara langsung aktif mengenalkan musik Indonesia.

Author: Giveny Militia Kristy Illene Tinangon
Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:CD_Museum_Musik_Indonesia.jpg