Improvisasi Dalam Bernyanyi

Jika kamu seorang penyanyi ataupun musisi pasti sudah tidak asing dengan kata “improvisasi“ dalam dunia musik. Seseorang yang paham dan menyukai dunia musik pasti sering mendengar Improvisasi dalam bernyanyi harus dilakukan. Apa itu improvisasi? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Improvisasi adalah penciptaan atau pertunjukan sesuatu (pembawaan puisi, musik, dan sebagainya) tanpa persiapan lebih dahulu. Dalam dunia musik Improvisasi memiliki arti usaha memperindah lagu dengan mengubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa mengubah melodi pokoknya.


Pic : https://images.app.goo.gl/ewaYrz1bjvZSxuvo6

Raisa adalah salah satu penyanyi Indonesia yang terkenal dengan lagu galau dan cara membawakan lagu dengan ciri khasnya sendiri. Dia juga terkenal dengan pembawaan lagu dengan improvisasinya yang indah sehingga banyak penonton dan pendengar pun merasa terbawa dengan semua lagu yang dibawakan olehnya.

Raisa juga yang dikenal dengan lagu-lagu galaunya sejak album pertaman yang bertajuk “Raisa” pada tahun 2011 . Tak ingin mengurangi nuansa Ramadhan Jazz, Raisa yang waktu itu mengenakan kaftan putih, lantas juga membawakan lagu rohani. Dia memilih lagu ciptaan penyanyi Sheila Majid berjudul Ku Mohon. Lewat sentuhan suara khas dan teknik vokalnya, lagu yang juga didaur ulang penyanyi Afgan itu terdengar berbeda dari aslinya. Sesekali, dara berusia 24 tahun itu melakukan improvisasi di tengah lagu. Penonton pun dibuatnya berdecak kagum.

Ingin melakukan improvisasi dan memperindah setiap lagu yang akan kamu bawakan? Berikut adalah beberapa penjelasan untuk para penyanyi ingin lagu yang dibawakan mereka tidak terdengar datar dan lebih menarik. Variasi lagu dapat dilakukan dengan mengubah tiga unsur lagu berikut :
a. Ritmis, yaitu perubahan dalam irama lagu , misalnya lagu yang diciptakan dalam irama pop divariasikan dengan cara dibawakan dengan iringan irama jazz atau dangdut,
b. Melodis, yaitu berupa penambahan nada dengan jarak nada yang berdekatan,
c. Dinamika, yaitu perubahan bunyi keras dan lembut pada bagian lagu sesuai dengan kesan yang akan disampaikan.

Bernyanyi secara solo/tunggal harus dipersiapkan dengan baik dan matang sebab seorang penyanyi solo akan menjadi pusat perhatian pada panggung saat bernyanyi. Persiapan tersebut harus dilakukan dengan memahami materi vocal, teknik vocal, dan penampilannya.

Author: Prillian Dewi
Referensi:

https://www.suara.com/entertainment/2014/07/12/051655/raisa-ajak-penonton-bergalau-di-ramadhan-jazz-festival
https://www.coursehero.com/file/p4qhevj/7-Improvisasi-adalah-usaha-memperindah-lagu-dengan-merubahmenambah-sebagian/
https://www.ilmucerdasku.com/2019/01/unsur-vocalbernyanyi-solo-cara-dan.html
https://pxhere.com/en/photo/1192104