PERAN PENTING LAGU WAJIB NASIONAL DALAM RASA NASIONALISME

Lagu wajib nasional pada umumnya dibuat menjelang dan sesudah kemerdekaan sehingga lagu-lagu yang dibuat berisi tentang semangat perjuangan oleh para pahlawan kemerdekaan dan tentang rasa cinta tanah air dari rakyat terhadap NKRI. Dengan adanya lagu-lagu nasional, kita dapat mengenang serta menghayati jasa-jasa para pahlawan yaitu setiap rakyat yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan mengorbankan banyak hal dari mereka seperti pengorbanan waktu, tenaga, bahkan nyawa. Hal tersebut membuat lagu nasional menjadi sangat penting bagi rakyat Indonesia yang ada setelah kemerdekaan diraih, karena dengan menghayati perjuangan para pahlawan, diharapkan juga rakyat Indonesia dapat mengembangkan rasa nasionalisme atau rasa cinta tanah air terhadap NKRI. Rasa nasionalisme itu penting untuk dimiliki setiap rakyat Indonesia agar nilai-nilai kebangsaan tidak mudah terkikis sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
Berdasar penjelasan tersebut, dapat dinilai bahwa lagu wajib nasional memiliki peran penting bagi masyarakat Indonesia dalam menanamkan serta mengembangkan rasa cinta tanah air terhadap NKRI. Tetapi, pada masa sekarang, kenyataannya lagu wajib nasional perlahan pudar dari kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut terjadi salah satunya karena lagu wajib nasional tidak diajarkan untuk dinyanyikan secara rutin sehingga membuat rakyat (khususnya anak-anak) tidak hafal dengan lagu-lagu nasional. Selain itu, lagu-lagu wajib nasional dinilai kalah bersaing dengan lagu masa sekarang (seperti lagu pop) karena kata-kata dalam lagu masa sekarang itu lebih sederhana atau mudah dipahami oleh kebanyakan orang jika dibandingkan dengan kata-kata lagu wajib nasional, sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk menyanyikan lagu masa sekarang dibanding lagu nasional karena mereka mengerti arti dari lirik atau kata-kata dalam lagu yang dinyanyikan.
Oleh karena itu,diperlukan upaya dari berbagi pihak untuk menghdiupkan kembali serta melestarikan lagu-lagu, antara lain yaitu dengan dengan memutar lagu wajib nasional di berbagai acara tv sebagai pembukaan dan penutupan acara tv tersebut. Selain itu, menyanyi lagu wajib nasional dapat juga dilakukan di sekolah dengan cara mempelajari serta menyanyikan lagu nasional setiap hari dengan judul yang berbeda-beda setiap harinya. Juga bisa dengan cara memberikan tugas bernyanyi yang kemudian akan dinilai oleh guru sehingga anak-anak dapat lebih termotivasi untuk belajar serta menghafalkan lagu-lagu nasional. Ada juga cara lainnya seperti mengadakan lomba bernyanyi dengan memberikan 1 lagu wajib yaitu lagu nasional, dan bisa juga dengan mengaransemen lagu nasional agar nadanya bisa lebih diterima atau disukai oleh masyarakat Indonesia.
Jadi, dengan mengetahui seberapa pentingnya peran lagu nasional dalam menanamkan rasa nasionalisme bagi seluruh rakyat Indonesia, marilah mulai untuk lebih mengapresiasi, memaknai, serta melestarikan lagu wajib nasional yang ada. Kita boleh sering mendengarkan lagu-lagu selain lagu wajib nasional, tapi jangan sampai kita melupakan lagu wajib nasional negara kita sendiri dengan mengetahui seberapa pentingnya lagu wajib nasional bagi kita sebagai rakyat Indonesia.

Sumber:

Sketsa Nasionalisme yang Keropos


https://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2018/05/31/77782/peran-lagu-wajib-nasional-untuk-meningkatkan-nasionalisme