The Story of Grammy

Grammy adalah ajang penghargaan musik paling bergengsi di dunia. Grammy kerap kali dijadikan patokan karier seseorang dalam industri musik. Ajang bergengsi ini di gelar pertama kali pada tanggal 4 Mei, 1959 di Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills dan Park Sheraton Hotel, New York City dalam waktu yang bersamaan. Cikal bakal Grammy Awards adalah adanya proyek Hollywood Walk of Fame yaitu penyusunan nama-nama penting di sepanjang jalan Hollywood Boulevard dan Vin yang dimulai pada tahun 1950-an. Walk of Fame dibuat oleh para leader of buisness in Hollywood. Pada saat itu belum ada ajang penghargaan industri musik yang setara dengan The Academy Awards (Oscar) dan The Emmy Awards yang mengakui artis terkemuka dalam film dan televisi. Padahal, pada masa itu minat terhadap musik dan industri rekaman telah berkembang pesat. Ternyata pihak tim penyusun nama-nama Walk of Fame pun memiliki keresahan yang sama dan akhirnya mereka menciptakan Grammy Awards sebagai cara untuk menghormati komposer, penulis lagu, serta musisi paling berbakat di industri musik. Grammy Awards pada awalnya disebut Gramophone Awards. Nama tersebut diambil dari penemuan Emile Berliner yaitu gramofon. Tak lama dari acara Grammy Awards yang pertama, nama Gramophone Awards diganti menjadi Grammy Awards.

Setiap tahunnya, penghargaan Grammy diberikan kepada puluhan kategori. Dari Layar Kaca, kita bisa melihat artis – artis terkenal menerima penghargaan Grammy Awards, tetapi sebenarnya ada puluhan artis lainnya yang tidak ditampilkan langsung di layar. Jumlah kategori dan Grammy yang diberikan mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Dalam acara Grammy Awards yang pertama hanya ada 28 kategori saja, sedangkan pada tahun 2019, terdapat 84 kategori. Selama beberapa tahun terahkir, acara ini diadakan di berbagai macam tempat seperti The Staples Center dan Shrine Auditorium di Los Angeles, Madison Square Garden dan Radio City Music Hall di New York City, serta Tennessee Theatre di Nashville.

Proses pemungutan suara untuk para nominasi Grammy Awards melibatkan ratusan pakar musik dari berbagai genre. Langkah pertama dalam proses ini melibatkan para anggota Recording Studio dan Recording Academy. Fakta Menarik, Hanya anggota dengan kedudukan baik yang telah membayar iuran tahunan mereka yang boleh dan dapat memilih dalam Grammy Awards. Setelah panel ahli menyaring masing-masing entri ini untuk kelayakan (tahun produksi, genre atau kategori yang sesuai, dll.), entri kemudian dipilih dalam pemungutan suara oleh anggota Recording Academy. Anggota hanya dapat memilih dalam kategori yang paling mereka kuasai (sesuai bidang expertise mereka) serta empat kategori utama yaitu Best New Artist, Song of the Year, Album of the Year, dan Record of the Year.

Surat suara ini kemudian dikirim ke perusahaan akuntansi independen yang menjumlahkan suara dan memberikan daftar nominasi akhir yang akan dipertimbangkan lagi oleh komite peninjau nasional. Nominasi akhir kemudian dipilih oleh anggota Akademi, dan suara sekali lagi periksa oleh perusahaan akuntansi independen. Hasilnya akan disegel dalam amplop yang tidak terungkap sampai upacara penghargaan Grammy Awards.

Author: Giorgina Lalopua

Referensi:
https://tirto.id/sejarah-grammy-awards-fakta-fakta-menarik-penghargaan-musik-as-ga9v
https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/14/141600066/fakta-grammy-awards-asal-usul-hingga-piala?page=all#:~:text=Awal%20mula%20Grammy%20Awards,atau%20Emmy%20Awards%20untuk%20televisi.

History of the GRAMMY Awards


https://id.wikipedia.org/wiki/Penghargaan_Grammy