Dengarkan Musik Tingkatkan Produktivitas?

Sudah diketahui oleh banyak orang bahwa musik dapat membuat seseorang berada dunia yang baru. Hal ini telah diakui oleh setiap budaya dari seluruh bagian dunia, dan bukan hanya itu, musik juga dipercaya dapat meningkatkan produktivitas pendengar secara signifikan. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah mendengarkan musik saat mengerjakan tugas akan meningkatkan produktivitas, atau malah menggangu konsentrasi pendengar?

Mengerjakan tugas tanpa ditemani oleh elemen musik membuat hari terasa begitu lama dan membosankan, tidak aneh jika data menunjukkan bahwa 61% karyawan memilih untuk mendengarkan musik untuk membuat diri lebih termotivasi dan produktif. Fenomena tersebut disebabkan oleh stimulasi dopamine yang timbul pada sistem imbalan otak yang biasanya diterima melalui makanan, seks, atau zat adiktif.

Begitu juga dengan musik, saat suara instrumen atau vokal diterima oleh sistem pendengaran, maka otak akan mengeluarkan stimulasi dopamin di otak dan membuat individu merasakan rasa puas dan senang dalam waktu yang relatif singkat. Terkait dengan hal itu, kesenangan serta motivasi tersebut dapat disalurkan terhadap apapun termasuk produktivitas dalam mengerjakan tugas.

Berdasarkan penelitian, 90% pekerja menghasilkan performa yang lebih baik disaat mendengarkan musik, dan 88% pekerja menghasilkan pekerjaan yang akurat disaat mendengarkan musik. Namun, hal tersebut tidak selalu benar dan harus memerhatikan konteks. Efektivitas musik terhadap produktivitas dapat berbeda tergantung kondisi masing-masing individu, lingkungan, dan faktor lainnya.

Berikut faktor-faktor yang perlu untuk dipertimbangkan dalam memilih musik yang tepat:

Lirik
Untuk tugas yang memerlukan kreativitas dan fokus, diperlukan musik yang tidak memiliki lirik. Sedangkan untuk tugas yang bersifat repetitif diperlukan adanya lirik untuk membuat aktivitas terasa tidak membosankan. Hal ini perlu dipertimbangkan karena otak harus memproses data dan musik disaat yang bersamaan. Maka dari itu, pemilihan musik yang tepat untuk fokus dan kreativitas adalah musik ambien, hal ini berdasarkan preferensi 92% orang. Musik yang tidak memiliki lirik mengurangi kemungkinan distraksi terhadap hal yang menarik dan baru dari lirik atau musik lagu tersebut. Musik ambien dapat berupa suara-suara alam atau suasana lainnya seperti hujan, gelombang, atau suara perapian. Pemilihan musik yang tepat untuk aktivitas yang repetitif adalah musik pop disertai dengan lirik, karena musik pop terbukti dapat mengurangi kemungkinan kesalahan sebesar 14%. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa 58% orang setuju bahwa mereka menyelesaikan tugas lebih cepat disaat mendengarkan musik pop.

Tempo
Penelitian membuktikan bahwa tempo dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan mental dan kreativitas individu. Untuk tugas yang memerlukan tingkat fokus yang tinggi, disarankan untuk mendengarkan musik dengan tempo yang berkisar dari 60-120 BPM seperti chill, klasik, jazz, dll. Sedangkan untuk tugas yang memerlukan tingkat atensi yang relatif rendah maka pemilihan lagu yang tepat adalah musik upbeat, karena hal ini dapat memacu efesiensi serta akurasi pendengar secara keseluruhan.

Pengaruh musik terhadap tingkat produktivitas bersifat subjektif dan tergantung pada individu, lingkungan, serta konteks lainnya. Untuk kondisi tertentu, pengerjaan tugas tanpa musik atau kesunyian juga dapat menjadi pilihan yang tepat atau bahkan bahkan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat produktivitas individu. Oleh karena itu pilihlah musik yang ramai dan penuh dengan kata-kata disaat mengerjakan tugas yang bersifat repetitif dan pilihlah musik yang tenang dan tidak berlirik saat mengerjakan tugas yang memerlukan tingkat konsentrasi tinggi atau kreativitas.

Author: Michael Adi Nugraha
Referensi:
Mclain, Cody. 2018. Music and Productivity: A Comprehensive Guide to Using Music to Improve Creativity, Productivity, and Mood. https://neocody.medium.com/music-and-productivity-a-comprehensive-guide-to-using-music-to-improve-creativity-productivity-bfd8d6d7705f (diakses: 11 Jan 2021)

Carter, Emily. 2019. Whistle While You Work: Impact of Music on Productivity [Infographic]. https://www.webfx.com/blog/internet/music-productivity-infographic/#:~:text=Music%20and%20productivity,-Music%20has%20the&text=And%20according%20to%20research%2C%20it,mental%20and%20emotional%20well%2Dbeing. (diakses: 11 Jan 2021)

Dolan, E. W. 2019. Listening to the music you love will make your brain release more dopamine, study finds. https://www.psypost.org/2019/02/listening-to-the-music-you-love-will-make-your-brain-release-more-dopamine-study-finds-53059#:~:text=A%20new%20study%20has%20found%20that%20dopamine%20%E2%80%94%20a%20neurotransmitter%20that,reward%20experience%20induced%20by%20music.&text=The%20researchers%20manipulated%20the%20dopaminergic,they%20were%20listening%20to%20music. (diakses: 12 Jan 2021)