Artis Sampai Pejabat yang Menekuni Bela Diri ‘Merpati Putih’

Terdapat artis sampai pejabat diketahui berpartisipasi dalam perguruan pencak silat Merpati Putih. Siapa aja sih mereka?

  • Dimas Anggara

Aktor menawan ini dilaporkan ikut serta dalam pelatihan bela diri tangan kosong (BETAKO). Dimas Anggara mengaku telah belajar bela diri saat duduk di kursi TK dalam berbagai kesempatan. Karena itu, ia telah menghabiskan beberapa waktu di perguruan pencak silat ini.

  • Julia Perez

“Gue ikut Merpati Putih untuk menjaga diri. Iya, gue juga bisa matahin pipa besi,” ujar pemilik nama lengkap Yuli Rachmawati itu saat ditemui detikHot pada tahun 2010. Usut punya usut, ternyata Jupe memang sudah mempelajari Merpati Putih sejak masih berseragam SMA.

  • Fauzi Bowo

Fauzi Bowo, mantan wakil gubernur DKI Jakarta, diketahui menjadi pejuang Merpati Putih Tingkat Khusus 2. Ia bahkan menduduki jabatan Ketua Umum Merpati Putih. Dalam beberapa kesempatan, Foke, sapaan hangat juga pernah ajang kebolehannya dalam melakukan gerakan bela diri yang ia pelajari itu.

  • Charles Bonar Sirait

Sejak kecil, presenter tampan Charles Bonar Sirait terpesona dengan seni bela diri silat Merpati Putih. Kekuatan pernapasan adalah keterampilan bela diri yang paling dihargai oleh ayah dua anak. “Saya sebenarnya sudah suka dengan MP (Merpati Putih) sejak kecil. Olahraga itu penuh dengan teknik pernafasan.” ujarnya saat menghadiri HUT ke-50 Perguruan Pencak Silat Merpati Putih di Padepokan Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (30/3/2013).

Ketertarikan tersebut membawa dirinya untuk mencoba ikut berlatih silat untuk kesehatan tubuh. Apalagi saat dirinya melihat salah satu pendiri Merpati Putih yang masih segar bugar di usianya yang sudah menginjak 70 tahun.

“Ya saya sangat tertarik apalagi ada pernafasan yang sangat banyak manfaatnya, bahkan tadi ada pendiri MP yang sudah berusia 70 tahun tapi masih bicara lantang. Jadi sebenarnya kalau mau sehat nggak usah obat-obatan cukup olahraga saja. Olahraga ini sangat elok, teknik beladirinya lebih banyak gerakan yang lebih bertahan,” katanya.

Dalam kesempatan itu,¬†Charles¬†menyaksikan kemampuan anggota MP dalam beraksi yang digabungkan dengan teatrikal. “Buat saya melihat pertunjukan teatrikal ini sama saja dengan mengibarkan bendera merah putih,” pungkasnya.

Sumber:

  • Kamaliah, Aisyah. 2018. Artis Sampai Pejabat yang Menekuni Bela Diri ‘Merpati Putih’. February 06. Accessed August 06, 2021. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3853598/artis-sampai-pejabat-yang-menekuni-bela-diri-merpati-putih?_ga=2.111422404.1909732374.1628227085-695594002.1628227085.
  • Noviarina, Wulan. 2013. Charles Bonar Sirait Ternyata Suka Beladiri Sejak Kecil. April 01. Accessed August 06, 2021. https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/charles-bonar-sirait-ternyata-suka-beladiri-sejak-kecil-08356e.html.