Masih ragu ikut Pencak Silat ? Baca dulu nih manfaatnya ikut Pencak Silat..

Selain bisa meraih prestasi dari Cabang Olahraga Pencak Silat yang diikuti, pencak silat juga memiliki manfaat untuk tubuh lho. Udah dapet prestasi dapet sehat pula, siapa yang nggak mau nih? Yuk kita lihat manfaatnya apa aja..

  1. Melatih Konsentrasi dan Daya Tahan Tubuh

Yup, dalam bertanding atau melakukan gerakan pencak silat. Dibutuhkan focus yang lebih untuk melakukan gerakan serangan atau tangkisan yang dimana dapat melatih konsentrasi kita. Ketika kita menggerakan tubuh kita untuk melakukan gerakan, disitulah kita mendapatkan manfaat yaitu menambah daya tahan tubuh. Karena tubuh yang diajak berolahraga akan mendapatkan kebugaran atau kesehatan yang dimana sekaligus menambah daya tahan tubuh.

  1. Melatih Mental dan Membangun Kepercayaan Diri

Pencak Silat bisa dibilang adalah salah satu sarana yang digunakan untuk melatih kepercayaan diri serta mental. Melatih mental disini adalah ketika individu tersebut dicoba untuk uji coba tanding, yang dimana memberanikan diri untuk bertanding dengan lawan yang ia belum tahu. Disinilah ia dilatih mentalnya secara bertahap, tidak otomatis terbentuk. Selain membangun mental, kepercayaan diri otomatis terbentuk karena individu tersebut percaya bahwa ia bisa melakukan jurusnya sendiri dan dapat mengalahkan lawannya tersebut.

  1. Membina jiwa kesatria dan berlatih untuk memiliki sportifitas

Didalam Pencak silat, individu tersebut diajarkan tata karma untuk berjiwa besar, berhati mulia serta bersikap kesatria. Ketika ia kalah dalam suatu pertandingan, ada hal yang dapat ia terima yaitu berlapang dada dan memperbaiki dirinya untuk semakin baik lagi dalam bertanding. Inilah sebuah contoh dari sikap kesatria yaitu tidak meremehkan lawan serta berlapang dada. Tindakan curang kerap kali dilakukan dalam suatu pertandingan, namun dalam pencak silat kita dapat melatih diri kita untuk berjiwa sportif dalam bertanding.

Nah, itulah ketiga manfaat dari pencak silat. Yakin masih nggak mau gabung sama pencak Silat? Nanti nyesel lho..