PURA TERKENAL TERLETAK DI JAWA BARAT

Sekilas Mengenal Pura Gunung Salak

Foto oleh : https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/pura-parahyangan-agung-jagatkartta-pesona-indah-di-kaki-gunung-salak/

Written By : I Gusti Ayu Tresza Dharmayani

Dalam foto diatas apakah ada yang tau pura apakah itu? Pura itu adalah Pura Agung Jagatkarta. Pura tersebut terletak Bogor, Jawa Barat. Pura ini merupakan pura terbesar yang terletak di Jawa Barat. Pura ini juga termasuk pura terbesar ke-2 setelah Pura Besakih di Bali. Walaupun tanjakkan dan medan yang dilewati sulit namun para umat hindu banyak berbondong-bondong pergi bersembahyang ke Pura Agung Jagatkarta ini. Pura ini diketahui sebagai tempat pemujaan untuk Prabu Siliwangi dan para leluhurnya dari Pakuan Pajajaran yang dulunya pernah berdiri di wilayah Parahyangan.

Pura Jagatkarta ini didirikan pada tahun 1995 dan pura ini merupakan hasil gotong royong umat Hindu Nusantara.  Pura tersebut terdapat Pura Melanting dan Pura Pasar Agung pura ini digunakan khusus untuk bersembahyang memohon penglaris untuk berusaha. Lokasi pura ini terletak di kaki gunung salak yang membuat hawa pura ini terasa sejuk karena pura tersebut terletak di gunung.

Pura ini biasa di jadikan sebagai tempat wisata, mulai sekarang untuk para wisatawan yang berkunjung ke Pura Agung Jagatkarta harus memperhatikan cara berpakaian biasanya dan merekma tidak diperijinkan untuk memasuki area pura jika tidak menggunakan pakaian yang sopan. Biasanya disana disewakan kain sebelum memasuki area pura guna menjaga kesakralan pura tersebut.

I Gusti Ayu Tresza Dharmayani