PANCA SRADHA SALAH SATU JALAN UNTUK MENCAPAI MOKSA

Setiap agama memang memiliki ajaran dan cara masing-masing untuk mencapai tujuan akhir sesuai dengan agama yang diajarkan. Begitu pula dengan Agama Hindu, agama yang telah lahir sekitar 1500 SM ini sudah mengajarkan beragam ajaran kepada seluruh umatnya. Salah satu ajarannya dikenal dengan Panca Sradha, Panca Sradha merupakan 5 keyakinan yang dimiliki umat Hindu untuk mencapai tujuan akhir dalam Agama Hindu yang sering dikenal dengan sebutan moksa.

Panca Sradha sendiri berisikan tentang umat Hindu yang harus yakin adanya brahmana atau Tuhan Yang Maha Esa sebagai sang pencipta dengan segala kekuasaannya, yang kedua harus yakin adanya atman atau percikan terkecil dari Brahman yang ada dalam setiap makhluk hidup, yang ketiga percaya adanya Karmaphala atau yang biasa dikenal dengan hasil yang akan dituai nantinya oleh setiap makhluk hidup sesuai dengan apa yang mereka lakukan, selanjutnya percaya adanya Punarbawa atau reinkarnasi, dan yang terakhir yakin dan percaya adanya moksa sebagai tujuan akhir umat Hindu.

Dengan ke lima unsur yang ada dalam ajaran Panca Sradha ini tentunya dapat membantu setiap makhluk hidup terutama manusia untuk bisa mencapai tujuan utama atau tujuan akhir dalam agama Hindu yaitu, moksa. Namun bukan berarti hanya sekedar yakin dapat memuluskan jalan bagi mereka untuk bisa mencapai tujuan akhir dalam Agama Hindu, tentunya mereka sebagai umat Hindu juga harus bisa mengaplikasikan dan mengimplementasikan setiap ajaran yang diajarkan dengan baik dan benar. Jadi, dengan melakukan hal tersebut, tentunya setiap makhluk hidup dapat mencapai tujuan akhir yang mereka harapkan sesuai ajaran agama Hindu.