ASADHA PUJA 2567 B.E./2023

Dalam memperingati hari Asadha Puja 2567 B.E./2023, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University melaksanakan kegiatan perayaan hari raya Asadha Puja 2567 B.E./2023. Perayaan hari raya Asadha Puja 2567 B.E./2023 kali ini berlangsung secara hybrid yaitu dengan kegiatan offline yang diadakan di Auditorium Binus Anggrek dan kegiatan online yang diadakan melalui Zoom dan Youtube Streaming Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana.

Asadha Puja adalah salah satu dari empat hari besar agama Buddha, yakni memperingati pertama kalinya Buddha Gautama membabarkan Dhamma “Dhammacakkappavattana Sutta” kepada lima pertapa yaitu Kondanna, Vappa, Bhaddiya, Mahanama, dan Assaji di Taman Rusa Isipatana, Benares, diikuti dengan terbentuknya Sangha Bhikkhu yang pertama, dan lengkapnya Triratna. Umumnya, perayaan Asadha Puja berlangsung saat bulan purnama bulan ke-8 hari penanggalan bulan atau sekitar bulan Juli sampai Agustus.

Perayaan Hari Asadha Puja 2567 B.E./2023 dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2023 di Auditorium Lt.4 BINUS Anggrek, Zoom, dan Youtube Streaming dengan mengangkat tema “Dhamma: The Truth to Life”. Adapun rincian kegiatan yang di bagi menjadi dua sesi  yaitu sesi formal dan nonformal. Sesi formal yang terdiri dari pembukaan formal, pelaksanaan Pindapatta, dana makan kepada anggota Sangha, penyalaan lilin dan pelita puja, puja bakti, meditasi, Dhammatalk, sesi Q&A, blessing, dan puja bakti penutup. Kemudian sesi nonformal yang terdiri dari pembukaan sesi nonformal, sesi games, penampilan Guest Star – Kalyana Project, sesi dokumentasi, dan diakhiri dengan penutupan Acara.

Pembukaan formal dimulai dari pukul 09.00 pagi dengan pembukaan dari MC (Master of Ceremony) terhadap kegiatan yang akan berlangsung kedepannya. Di pembukaan formal ini, peserta mendengarkan kata sambutan dari Ketua Pelaksana Asadha Puja 2567 B.E./2023 dan juga kata sambutan dari Ketua Umum KMBD Periode-34. Selain itu, kami juga menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Dhammavaddhana.

Setelah itu, kegiatan berlanjut ke Pindapatta yang berlangsung di koridor Lt.4 BINUS Anggrek. Pindapatta dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Gunasiri Thera, Y.M. Bhikkhu Endahwangsa Siri, dan Y.M. Bhikkhu Pannasiri. Kegiatan Pindapatta berlangsung kurang lebih sekitar 60 menit dan dilanjutkan dengan sesi Sanghadana beserta dengan sesi istirahat selama 30 menit. Setelah itu, peserta menyambut para anggota Sangha masuk ke dalam auditorium. Setelah anggota Sangha masuk di auditorium, sesi berlanjut ke penyalaan lilin dan dupa yang akan dipimpin oleh pemimpin kebaktian. Selanjutnya, sesi meditasi dipimpin oleh Y.M. Bhikkhu Gunasiri Thera yang berlangsung selama 15 menit. Selesai meditasi, peserta menyambut moderator Asadha Puja 2567 B.E./2023 dan memulai sesi Dhammatalk. Sesi Dhammatalk sendiri dihadiri oleh dua anggota Sangha, yaitu Y.M. Bhikkhu Gunasiri Thera dan Y.M. Khenpo Khentse Norbu Rinpoche; moderator yaitu Saudara Febrian Chandra; dan penerjemah yaitu Saudara Ismanto Wijaya. Setelah sesi Dhammatalk, kegiatan berlanjut ke sesi Q&A. Setelah itu, kegiatan berlanjut ke sesi blessing. Sesi blessing  dipimpin oleh Y.M. Khenpo Khentse Norbu Rinpoche. Setelah blessing, anggota Sangha  meninggalkan auditorium dan sesi berlanjut ke puja bakti penutup yang dipimpin oleh pemimpin kebaktian. Puja bakti penutup menandakan berakhirnya sesi formal.

Selanjutnya, sesi nonformal dibuka dengan sesi games yang akan dibawakan oleh MC. Setelah itu, sesi berlanjut ke penampilan dari Guest Star yaitu Kalyana Project. Setelah itu, diadakan sesi sharing dengan para anggota dari Kalyana Project. Setelah itu, acara ditutup dengan sesi dokumentasi dan penutupan dari MC.

Event ini dapat berjalan lancar tentu saja karena tak lepas dari kerja sama yang baik antar semua pihak. Untuk itu kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam partisipasi event ini, baik kepada pihak internal yaitu panitia Asadha Puja 2567 B.E./2023 yang telah berkontribusi dalam mempersiapkan seluruh rangkaian acara, serta pihak eksternal yaitu pembicara, moderator, penerjemah, guest star, pihak sponsor, media partner, dan seluruh peserta yang telah bersedia hadir dan mendukung acara Asadha Puja 2567 B.E./2023. Semoga kita memiliki kesempatan untuk berjumpa di event Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University lainnya.

Demikianlah artikel ini dibuat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga informasi di atas berguna dan harapannya agar kedepannya Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University bisa tetap melaksanakan perayaan dengan tujuan memperingati ajaran Buddha agar bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Stephanie Angweita