Waisak Puja 2567 B.E./2023: Beyond the Inner Peace

Pada tanggal 11 Juni 2023, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana dengan bangga menyelenggarakan perayaan Waisak Puja 2567 B.E./2023 dengan tema “Beyond the Inner Peace“. Perayaan ini diadakan secara hybrid, dengan menghadirkan peserta secara langsung di Auditorium BINUS University Kampus Anggrek dan juga melalui platform online seperti Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube DV Entertainment. Waisak Puja merupakan perayaan yang sangat penting dalam agama Buddha, yang memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha Gautama, yaitu:

  1.     Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 SM.
  2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya.
  3.   Buddha Gautama Parinibbana di Kusinara pada tahun 543 SM.

Perayaan Waisak Puja 2023 ini terdiri dari sesi formal dan informal. Sesi formal dimulai dengan kata sambutan dari ketua pelaksana dan ketua umum KMBD periode ke-34. Dilanjutkan dengan prosesi puja, puja bakti, dan Dhammatalk. Pada Waisak Puja 2567 B.E./2023, Dhammatalk mengusung tema “Finding Your Own Inner Peace” dan dihadiri oleh tiga anggota sangha dari tiga aliran berbeda, yaitu Y.M. Bhante Ratanadhiro dari aliran Theravada, Y.M. Suhu Chuan Xiu dari aliran Mahayana, dan Y.M. Biksu Tenzin Konchog dari aliran Tantrayana. Sesi ini juga dipandu oleh Saudara Hendra Lim sebagai moderator. Sesi formal selanjutnya ialah sesi Inner Peace yang sesuai dengan tema yang dibawakan. Inner Peace Session ini berfokus pada praktik meditasi yang dipandu oleh Romo Surya sebagai pembicara. Selama perayaan tersebut, peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan pemandian Buddha rupang di luar auditorium.

Setelah sesi formal, acara dilanjutkan dengan sesi informal yang mencakup games dan penampilan DV Teater. Games yang dimainkan berkaitan erat dengan Hari Raya Tri Suci Waisak, yang dipandu oleh MC melalui platform Kahoot. Pada sesi informal, terdapat performance spesial dari DV Teater dengan judul “Anggulimala” yang merupakan salah satu murid Sang Buddha, terutama dalam tradisi Theravāda. Yang sebelumnya digambarkan sebagai perampok bengis, kemudian sepenuhnya bertobat setelah mengikuti ajaran Sang Buddha. Perayaan Waisak Puja 2023 diakhiri dengan curtain call sebagai bentuk apresiasi terhadap panitia penyelenggara dan pengisi acara.

Dengan diselenggarakannya Waisak Puja 2567 B.E./2023: Beyond the Inner Peace, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana berharap dapat memberikan makna dan pengalaman yang mendalam kepada setiap peserta tentang Hari Raya Tri Suci Waisak. Melalui tema ini, diharapkan peserta dapat belajar mengenai peran dari kedamaian batin dan mencapai inner peace melalui penerapan nilai Dhamma dalam kehidupan sehari-hari.

Without inner peace, outer peace is impossible” – Geshe Ketsang Gyatso