Festival Buddhis Nusantara 2023

Festival Buddhis Nusantara 2023 merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana Binus University area Alam Sutera. Keseluruhan panitia berjumlah 37 orang yang berasal dari aktivis dan pengurus KMB Dhammavaddhana Binus University area Alam Sutera termasuk penasihat dan penanggung jawab acara.

Festival Buddhis Nusantara tahun ini, dengan ketua pelaksana Kannitha Chaya Tunggandhi merancang tema “Supporting Diversity in the Archipelago,” dengan visi mewujudkan harmoni dalam keberagaman dengan penerapan nilai-nilai Buddhis dan misi untuk mengajak umat buddhis cinta akan Indonesia berdasarkan nilai-nilai Buddhis, serta mengajak lebih banyak orang untuk bangga dan cinta dengan budaya nusantara melalui karya-karya mereka.

Tujuan dari diadakannya Festival Buddhis Nusantara 2023 ini yaitu untuk memperkenalkan ciri khas dan edukasi dasar terkait agama Buddha kepada masyarakat umum di Indonesia, menumbuhkan rasa cinta terhadap negara Indonesia dengan memperkenalkan perbedaan antarbudaya, dan mengajak masyarakat untuk hidup dalam keberagaman dalam perbedaan yang saling melengkapi.

Menjadi masyarakat di Indonesia yang memiliki berbagai macam perbedaan, tidak menjadi penghalang dalam memisahkan tetapi untuk melengkapi tentang bagaimana kita dapat hidup dalam keberagaman. Di antara sekian banyak nya kepercayaan di Indonesia, agama Buddha ingin menunjukkan perasaan dapat berbaur dengan budaya yang ada di Indonesia dengan memperkenalkan ciri khas dan edukasi dasar terkait agama Buddha kepada masyarakat umum.

Lokasi penyelenggaraan acara Festival Buddhis Nusantara 2023 ini dilaksanakan di Atrium Main Campus Alam sutera secara hybrid pada hari Sabtu, 29 Juli 2023. Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yang dapat mewujudkan tujuan dibuatnya acara ini. Terdapat kegiatan bazaar dan berbagai kegiatan lomba seperti, lomba mewarnai, lomba menyanyi, dan lomba desain illustrasi dengan total hadiah jutaan rupiah, yang akan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi mengenai agama Buddha serta mengasah kreativitas dengan mengaplikasikan budaya dan keberagaman di Indonesia.

Lomba mewarnai yang bertemakan nusantara dengan rentang usia peserta 5-12 tahun dengan juri Elena Josie. Lalu ada lomba menyanyi dimana peserta akan membawakan lagu pilihan dengan tema lagu umum (Indonesia) + lagu wajib “Yambo Rambe Yamko” dengan rentang usia peserta 15-20 tahun yang dilakukan secara individu, juri untuk lomba menyanyi adalah Vindy Artha Wijaya dan Selena. Berikutnya perlombaan terakhir yaitu lomba desain ilustrasi dengan tema “Supporting Diversity in the Archipelago” dengan rentang usia peserta diatas 15 tahun yang dikerjakan secara digital maupun manual secara online dengan juri Jesslyn Metta

 

Para pemenang dari seluruh lomba telah diumumkan secara langsung di tempat acara berlangsung. Kami dengan senang hati ingin mengumumkan kembali para pemenang dari berbagai perlombaan yang dilaksanakan di acara Festival Buddhis Nusantara 2023. Setelah proses penilaian oleh para juri, berikut merupakan daftar dari pemenang setiap cabang lomba.

 

Lomba Menyanyi

  • Juara 1: Amelia
  • Juara 2 : Su Fei
  • Juara 3 : Frecillia Kurniawan

 

Lomba Mewarnai

  • Juara 1: Jennifer Estella
  • Juara 2 : Celine Feodora
  • Juara 3 : Albert Ryan

 

Lomba Desain Ilustrasi

  • Juara 1: Stevani Liu
  • Juara 2 : Carollina
  • Juara 3 : Patricia Wijaya Putri

 

Kami seluruh panitia acara Festival Buddhis Nusantara 2023 mengucapkan selamat kepada semua pemenang lomba. Sebagai bentuk apresiasi, kami menyiapkan hadiah berupa e-wallet dan sertifikat bagi seluruh peserta. Karya-karya para peserta juga akan dipajang di Instagram Official @festivalbuddhis_kmbd. Terima kasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi.

Atas kesuksesan acara kami, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pihak yang terlibat. Kepada para juri perlombaan Elena Josie, Vindy Arta Wijaya, Selena, dan Jesslyn Metta. Kepada para pihak Media Partner yang telah mendukung acara kami, yaitu Creating Our Value, Teach For Indonesia Student Community, Klifonara, Kamadhis Dharma Jaya UAJY, KMB Dharma Artha, KMB Pramudita LSPR, KMB USU, Majalah Sunday, TPKB ITS, Forum Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Udayana, Wanita Buddhis Indonesia, KMB Widyodaya, dan KMB UI. Tidak lupa juga kepada seluruh panitia yang telah bekerjasama turut menyukseskan acara bersama ini.

Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan sampai jumpa di Festival Buddhis Nusantara 2024!

 

 

Engeline Widjaja