One Million Help 2023

One Million Help merupakan salah satu kegiatan sosial yang diadakan secara rutin setiap tahunnya  oleh KMB Dhammavaddhana. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu sekaligus menunjukkan  kepedulian baik masyarakat maupun BINUSIAN terhadap permalasahan atau isu sosial yang sedang  tejadi saat ini, sejalan dengan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs). Pada tahun ini,  One Million Help berfokus pada peningkatan SDG ke-4, yaitu Quality Education dengan tema  “Raising Awareness in Improving the Education Quality”. Kegiatan One Million Help 2023 terbagi  atas tiga rangkaian utama, yaitu pembukaan donasi untuk membeli perlengkapan kebutuhan  penunjang pembelajaran, pembuatan modul pembelajaran bahasa Inggris untuk pengajaran, dan  kampanye pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak panti asuhan di sekitar Tangerang.

Rangkaian kegiatan One Million Help 2023 diawali dengan pembukaan donasi untuk membeli  perlengkapan kebutuhan penunjang pembelajaran, seperti alat tulis, buku tulis, dan tas sekolah.  Dilanjutkan dengan pembuatan modul pembelajaran bahasa Inggris oleh peserta kegiatan One  Million Help 2023. Sebelum terpilih menjadi peserta, mereka telah melewati proses seleksi dan tes  terlebih dahulu, memastikan kandidat peserta memahami dan berkompeten dalam bahasa Inggris.  Peserta kemudian dibagi ke dalam beberapa kelompok, merancang konsep, dan menyusun modul  pembelajaran yang akan digunakan nantinya pada saat pengajaran anak-anak panti asuhan. Modul  pembelajaran telah dilengkapi dengan materi untuk pemahaman yang komprehensif, latihan soal, dan  jawaban dari masing-masing soal.

Rangkaian kegiatan One Million Help 2023 diakhiri dengan kegiatan inti, yaitu pelaksanaan  kampanye pengajaran bahasa Inggris. Kampanye dilaksanakan di tiga panti asuhan, yaitu Asrama  Yatim Perumnas 3 Tangerang, Griya Yatim dan Dhuafa BSD 3, dan Panti Asuhan Pelopor Kepedulian.  Masing-masing panti asuhan mendapatkan jadwal empat kali pertemuan. Pada pertemuan pertama,  peserta membagikan hasil pembelanjaan donasi kepada anak-anak panti asuhan. Tidak hanya itu,  masing-masing anak juga mendapatkan modul pembelajaran bahasa Inggris yang telah dirancang dan  disusun sebelumnya oleh peserta yang mengajar. Ketika membagikan kedua hal, terlihat antusiasme  yang tinggi dari anak-anak panti asuhan. Senyuman mereka merupakan salah satu hal yang berbekas  berdasarkan cerita dari peserta kegiatan One Million Help 2023.

Setelah pembagian donasi, kegiatan dilanjutkan dengan pengajaran materi bahasa Inggris dengan  gaya atau metode yang sesuai untuk anak-anak. Untuk mencairkan suasana, peserta juga telah  mempersiapkan beberapa kuis atau permainan kecil untuk menguji pemahaman mereka. Seiring  berjalannya waktu, pertemuan ke pertemuan, kami dapat melihat perkembangan pemahaman anak- anak dalam bahasa Inggris. Mereka mulai menerjemahkan satu per satu kosa kata tanpa harus  diberitahu dahulu seperti pada pertemuan pertama. Terlihat kemajuan yang luar biasa pada masing masing anak, terutama dalam kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris.

Dengan bangga, kami menginformasikan bahwa kegiatan One Million Help 2023 telah terlaksana  dengan baik. Seluruh target atau tujuan pelaksanaan acara telah tercapai. Kami juga sadar bahwa  kegiatan One Million Help 2023 tidak dapat berjalan lancar tanpa adanya dukungan dari seluruh  pihak, baik panti asuhan yang bekerja sama, donatur, media partner, peserta, maupun panitia  kegiatan. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh  pihak yang terlibat dalam membantu serta mendukung kesuksesan kegiatan One Million Help 2023.

Dengan adanya kegiatan One Million Help ini, diharapkan kualitas pendidikan anak-anak panti  asuhan dapat semakin maju dan memanfaatkan kebutuhan penunjang pembelajaran yang diberikan  sebaik mungkin untuk memotivasi dalam belajar.

Kenji Ariya Kennard