BUDDHIST CAMP 2023

Buddhist Camp merupakan kegiatan camping yang diadakan KMB Dhammavaddhana BINUS University. Diketuai oleh Wiwi Oktriani dengan tema “Nature Connection: Kindness, Spirituality and Creativity”, kegiatan ini berlokasi di Perkemahan Mandalawangi Cibodas, Bogor. Buddhist Camp 2023 yang berlangsung dari tanggal 9-10 September ini tidak kalah seru loh. Ayo kita simak keseruannya!

Pada tanggal 9 September pukul 7 pagi, para peserta bersiap dan berkumpul di depan admisi kampus Binus Anggrek untuk melakukan perjalanan dari kampus Binus sampai ke Perkemahan Mandalawangi Cibodas, Bogor. Kami melakukan perjalanan sebanyak 3 jam untuk sampai di tempat tujuan, sehingga kami sampai di lokasi pada pukul 10 pagi.

Setelah sampai tujuan para peserta dipersilahkan untuk menuju ke tenda masing-masing dan bersiap-siap untuk memulai kegiatan Buddhist Camp 2023. Pada hari pertama kami memulai kegiatan dengan melakukan Chanting lalu mendengarkan materi tata krama yang diberikan oleh Bhante Gunasiri. Setelah materi tata krama kegiatan selanjutnya adalah Dhammadesana dan dilanjutkan dengan praktik meditasi yang dibimbing oleh Bhante Gunasiri.

Sebelum mengakhiri kegiatan pada sore hari, kami melaksanakan praktek cinta kasih dengan menanam pohon disekitar tenda yang telah didirikan.

Setelah kegiatan penanaman pohon selesai, pada pukul 4 sore para peserta dipersilahkan kembali ke tenda untuk membersihkan badan serta melakukan persiapan untuk sesi kreativitas di malam hari. Sesi kreativitas yang dimulai pada pukul 7 malam ini diawali dengan menyalakan api unggun dan masing-masing kelompok dipersilahkan untuk menampilkan karya mereka baik berupa nyanyian maupun drama pendek.

Kegiatan pada hari pertama ditutup dengan kegiatan jurit malam, para peserta akan berjalan menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan dan menjawab pertanyaan setiap kali melewati pos yang sudah ditentukan. Para peserta akan berjalan berpasangan dengan teman yang ditentukan secara acak.

Hari kedua dimulai pada pukul 6 pagi, para peserta bersiap untuk memulai kegiatan dan melakukan chanting pagi. Kegiatan pada hari kedua dipenuhi dengan sesi games yang dimulai pada pukul 9 sampai dengan pukul 12, para peserta memainkan games yang telah disediakan secara berkelompok. Di akhir sesi games para peserta bermain air dengan melemparkan air satu dengan yang lain.

Setelah melakukan sesi games, para peserta dipersilahkan untuk membersihkan diri dan membereskan barang untuk persiapan kembali ke kampus Binus Anggrek. Pada pukul 4 sore para peserta telah masuk ke dalam bus dan bersiap untuk kembali, para peserta sampai di kampus Binus Anggrek pada pukul 10 malam dan dipersilahkan untuk kembali ke rumah masing-masing.