Cinematography 2019

Written By: Tiffany Tjandra

            CINEMATOGRAPHY 2019 merupakan salah satu event dari Badan Gema Dhammavaddhana (Badan GD), salah satu badan di KMB Dhammavaddhana (KMBD) yang memegang media KMBD seperti majalah dan juga youtube KMBD, DV Entertainment. Cinematography 2019 tahun ini mengangkat tema “Out of Comfort Zone”. Cinematography tahun ini dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Maret 2019 dengan mengundang Ko Dicky Salim atau yang lebih dikenal dengan nama Ko Yong dari Last Day Production, sebagai narasumber.

            Tujuan dari dibuatnya event Cinematography ini adalah, agar semua orang yang tertarik pada cinematography dan tertarik pada pembuatan film dapat belajar langsung dari narasumber yang sudah berpengalaman, dan juga dapat mencoba sendiri proses pembuatan film.

            Cinematography 2019 dibagi menjadi 3 sesi, yaitu pada sesi pertama, peserta diajari berbagai hal yang berkaitan dengan pre-production, seperti penulisan naskah yang benar seperti apa, dan juga pengenalan crew dalam cinematography seperti sutradara, astrada, dll. Untuk menutup sesi pertama, ko Yong meminta peserta untuk membuat premis cerita mereka sendiri untuk diseleksi pada saat pembuatan film hasil Cinematography nanti. Pada sesi kedua, peserta di ajari hal yang berkaitan dengan production, dimana peserta diajari cara memegang kamera, cara menggunakan kamera, dan fungsi-fungsi di kamera seperti shutter speed, iso, aperture dll. Tidak lupa juga dengan pengenalan aksesoris kamera. Pada sesi ketiga, peserta diajari hal yang berkaitan dengan postproduction, dimana peserta diajari editing secara langsung menggunakan adobe premiere, peserta diajari cara memotong film, cara memasukkan transisi, dan juga color correction pada video.

Hasil akhir dari event Cinematography 2019 merupakan short movie yang telah diputar teasernya pada saat waisak KMBD dan pemutaran filmnya pada saat HUT KMBD. Video hasil Cinematography sekarang sudah bisa ditonton di youtube KMBD, DV Entertainment.