Macam – Macam Mental Illness

Written By: Andrea Anderson Lim

            Hallo temen – temen seDhamma, mental Illness merupakan suatu permasalahan yang sudah menjadi rahasia umum. Hal ini juga merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dan tidak bisa diremehkan. Menurut laman website Brilio bahwa pada tahun 2007 di Indonesia terdapat kurang lebih satu juta penduduk mengalami gangguan kejiwaan. Hal ini sungguh semakin menjadi penting karena dalam waktu 10 tahun hingga 2017 jumlahnya meningkat dengan angka yang cukup fantastis yaitu di angka 14 juta penderita.

            Mental Illness sendiri cukup sulit untuk dikenali oleh masyarakat umum. Biasanya orang – orang yang ingin mengetahui apakah dirinya terkena mental illness atau tidak, akan melakukan cek medis ke dokter kejiwaan yang mereka ketahui. Namun hal ini sebenarnya dapat kita ketahui sendiri jika sudah mengenal berbagai macam tipe dari mental illness itu sendiri. Pada artikel kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai tipe – tipe dari mental illness.

  1. Mood Disorder

Gejala pada Mood Disorder ini terdapat pada sifat seseorang yang merasa sedih atau kebahagiaan secara berlebihan. Keadaan emosional ini dapat dikatakan cukup ekstrem seperti misalnya kalian dapat tiba tiba merasa sedih tanpa sebab ketika kalian sedang merasa Bahagia. Hal ini mungkin lebih kalian kenal dengan istilah Bipolar Disorder. Kebanyakan merupakan anak – anak usia remaja yang menderita hal ini.

  1. Personality Disorder

Tipe ini merupakan gangguan pada kepribadian seseorang. Penderita tipe ini cenderung memiliki pola piker yang berbeda dengan orang – orang disekitarnya. Ada beberapa contoh dari tipe mental illness yang satu ini seperti antisosial dan juga sifat paranoid.

  1. Stress Response Syndromes.

Sindrom ini sering terjadi ketika seseorang sedang mengalami gejala emosional terhadap suatu peristiwa. Penyebabnya bisa seperti bencana alam, kecelakaan, dan lainnya. Biasanya sindrom ini memakan waktu yang cukup lama antara 3 bulan hingga 6 bulan untuk dapat menghilangkannya.

  1. Tic Disorder

Sindrom ini diderita oleh cukup banyak orang, dimana gangguan ini membuat penderitanya sangat suka untuk membuat suara ataupun membuat Gerakan tubuh secara berulang dan cepat. Penyakit ini berhubungan erat dengan gangguan pada otak seseorang.

  1. Impulse Control and Addition Disorders

Tipe yang satu ini merupakan hal yang lazim dan banyak diderita oleh seseorang. Istilah ini diperuntukan bagi orang yang kecanduan akan suatu hal dan tidak dapat menahan diri untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain. Beberapa contoh dari penderita sindrom ini adalah kleptomania, pyromania dan masih banyak lagi.

 

https://www.brilio.net/creator/ini-14-jenis-penyakit-mental-yang-harus-diketahui-a218f8.html