Mengenal Ajaran dalam Agama Buddha

Written By: Julyo

Halo teman-teman se-Dhamma! Kamu tau nggak sih, kalo Agama Buddha itu memiliki 3 ajaran yang berbeda? 3 ajaran tersebut diantaranya Sabbapâpassa akaranam (tidak melakukan segala bentuk kejahatan), Kusalassa upasampadâ (senantiasa mengembangkan kebajikan), dan Sacittapariyodapanam (membersihkan batin dan pikiran).

Agama Buddha sendiri dasar dari ajarannya sesuai dengan yang diajarkan oleh Siddharta Gautama adalah untuk mencapai pencerahan sempurna. Sang Buddha mengajarkan prinsip-prinsip Dhamma dengan mengedepankan sikap cinta kasih dan kebijaksanaan. Selain ajaran tersebut, salah satu ajaran yang cukup penting adalah dengan berdana, dimana dengan berdana tujuannya adalah untuk melatih kerelaan. Bentuk yang bisa diberikan juga macam-macam, seperti uang, makanan, minuman, maupun materi.

Dengan melatih ajaran-ajaran tersebut kita sebagai umat Buddha dapat terlatih untuk terbebas dari sifat keserakahan. Keserakahan tersebut adalah salah satu penyebab penderitaan yang dimiliki oleh manusia, dengan keserakahan manusia dapat melakukan berbagai tindakan kejahatan, sepertimenipu, mencuri, korupsi, selingkuh, dan masih banyak tindakan kejahatan yang lainnya. Dimana setiap tindakan tersebut akan menyebabkan penderitaan.

Maka dari itu, untuk menghindari penderitaan tersebut, kita sebagai umat Buddha harus memahami ini dari ajaran dalam Agama Buddha dan selalu meminta bantuan dari Buddha agar kita dijauhkan dari tindakan negatif tersebut. Memahami ajaran dalam Agama Buddha juga secara tidak langsung kita sudah turut berkontribusi dalam mengembangkan ajaran Buddha semakin baik lagi dan agar semakin dikenal oleh umat di seluruh dunia.

Referensi:

https://m.solopos.com/kolom-prinsip-dasar-ajaran-buddha-162461

https://www.kompasiana.com/jayanto/556f90868efdfd636a50931c/8-ajaran-buddha-yang-jarang-diketahui

https://regional.kompas.com/read/2017/11/09/11181311/buddha-dharma-dan-cinta-kasih

Julyo