MAGHA PUJA 2567 B.E./2024

Magha Puja 2567 B.E./2024 dengan tema “Unity in the Radiance of Dhamma Brilliance” merupakan salah satu dari empat hari besar agama Buddha yang diselenggarakan oleh KMB Dhammavaddhana dengan tujuan untuk menggarisbawahi makna kebersamaan atau kesatuan yang terdapat dalam salah satu peristiwa penting Hari Magha Puja, yaitu berkumpulnya 1.250 Bhikkhu Arahat tanpa diundang dan kemudian ditahbiskan secara langsung oleh Sang Buddha, menyebarkan ajaran Buddha kepada para umat Buddha dalam upaya menciptakan hubungan kekeluargaan, menciptakan wadah untuk memotivasi dalam berbuat kebajikan, dan peduli akan sesama sesuai dengan ajaran agama Buddha, serta memberikan kontribusi positif yang bermanfaat kepada masyarakat untuk menciptakan hubungan kekeluargaan antar sesama. Acara Magha Puja 2567 B.E./2024 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yakni Puja Bakti, Dhammatalk, Pattidana, Blessing, Sesi Games, dan penampilan DV Teater.


Dalam acara Magha Puja tahun ini diadakan kegiatan Puja Bakti yang merupakan proses pembacaan paritta yang dipimpin oleh Pemimpin Kebaktian dari KMB Dhammavaddhana. Setelah itu, diikuti dengan sesi Dhammatalk bertemakan The Essence of Dhamma Unity”. Sesi Dhammatalk ini dibawakan oleh seorang moderator, yaitu Saudara Frengki Chua. Selain itu, terdapat tiga Anggota Sangha dari tiga aliran berbeda, yaitu Y.M. Bhikkhu Dhammasubho Mahathera, Y.M. Biksu Nyanabandhu Sakya, Sthavira, dan Y.M. Lama Karma Nurbu Sherpa sebagai pembicara pada sesi ini. Setelah Puja Bakti dan Dhammatalk, terdapat sesi Pattidana dan Blessing dipimpin oleh Anggota Sangha dan diikuti oleh seluruh peserta.

Setelah sesi formal, ada pula sesi informal yang berisikan sesi Games serta penampilan DV Teater. Sesi games kali ini merupakan quiz menggunakan website “quiz.com” yang berisi sepuluh pertanyaan seputar Magha Puja, serta pengetahuan dasar tentang agama Buddha. Setelah berlangsungnya sesi games dilanjutkan dengan penampilan DV Teater. Kali ini, DV Teater membawakan penampilan dengan tema “Penyesalan 2: Cinta”, penampilan tersebut menceritakan tentang hubungan cinta yang penuh dengan hal tidak terduga dan penyesalan yang dibumbui dengan sedikit komedi. Tidak hanya menghibur, penampilan DV Teater juga mengandung ajaran Buddha.

Akhir kata, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak sponsor, media partner, tamu undangan, serta berbagai pihak lainnya yang telah ikut serta dan berperan penting dalam menyukseskan acara Magha Puja 2567 B.E./2024. Acara Magha Puja 2567 B.E./2024 yang telah berlangsung diharapkan dapat memberikan pencerahan mengenai pentingnya kebersamaan dan dapat menjadi pembelajaran yang akan selalu diingat oleh para peserta agar kehidupan mereka bisa selalu dipenuhi dengan cinta kasih.

 

Caryn Kholia