Tips Hidup dalam Buddhisme

Written by: Anthony Subroto

Pernahkan kalian berpikir bagaimana cara kita untuk hidup dalam Buddhisme ? Sebagian orang pasti bingung dan tidak tahu apa yang dapat dilakukan di hidupnya agar dapat hidup di Buddhisme. Berikut ini adalah tips dari beliau Kyabgon Phakchok Rinpoche, yang merupakan seorang bhante dari Tibet :

  1. Lakukan Kebaikan

Apapun situasinya, ada perbedaan antara orang yang melakukan kebaikan dan mereka yang tidak. Apa yang dimaksud dengan melakukan kebaikan ? Pertama, harus mampu memupuk rasa welas asih; dengan cara memiliki motivasi dan melakukan hal-hal untuk menguntungkan orang lain. Ini adalah untuk membantu orang dengan cara yang tepat, seperti memberi nasihat, dan juga untuk bermurah hati dan disiplin serta mengembangkan kesabaran. Melalui tindakan-tindakan semacam ini, hasilnya adalah Anda akan menghadapi lebih sedikit rintangan dan rintangan dalam kehidupan ini, tujuan Anda akan terpenuhi, dan segalanya akan berjalan lancar untuk Anda.

  1. Carilah Contoh yang Baik

Selain melakukan kebaikan, kita juga membutuhkan model peran yang baik untuk diikuti. Sudah lebih dari 2.500 tahun sejak Buddha Shakyamuni masuk ke parinirvana, namun transmisi ajarannya tetap diwujudkan dan ditegakkan di guru dharma yang asli dan berkualitas saat ini. Guru-guru ini adalah teladan yang luar biasa bagi kita, dan untuk mengikuti teladan dan ajaran mereka juga sangat baik.Hal ini sangat penting bagi para praktisi dharma, karena sebagai praktisi kita perlu mengungkap maksud dan makna sebenarnya dari ajaran Buddha.

  1. Pendekatan dengan Cara yang Pintar

Aktivitas apa pun yang Anda lakukan, entah itu duniawi atau spiritual, Anda perlu mendekati mereka dengan kecerdasan. Dalam hal dharma, kita membutuhkan kecerdasan untuk mengetahui keadaan alam dan tidak pernah berpisah dari motivasi bodhicitta, pikiran pencerahan. Kita perlu mengembangkan keinginan dan tekad untuk mencapai pencerahan. Ini bodhicitta, pikiran pencerahan. Jadi sebagai praktisi, kita harus (dengan kecerdasan) menerima ajaran dharma asli dari guru sejati, merefleksikan mereka dengan sungguh-sungguh, dan mempraktekkannya dengan sungguh-sungguh.

Source :

https://tricycle.org/magazine/four-simple-tips-for-living-a-buddhist-life/