DV SOS 2018

Komnas Perempuan Indonesia mengungkapkan terdapat 259.150 kasus kekerasan atas perempuan sepanjang tahun 2016, yang dihimpun dari data di Pengadilan Agama dan yang ditangani lembaga mitra pengadaan layanan di Indonesia.

Beberapa korban tersebut diantaranya ada yang bertempat tinggal di panti ini. Panti ini membantu wanita korban kekerasan dan penganiayaan (KDRT), korban hamil diluar nikah akibat pemerkosaan, serta korban pelecehan seksual sehingga korban mengalami stres hingga gangguan mental atau trauma. Menurut ketua panitia event DV SOS 2018 yaitu Eveliya, ia melihat sangat prihatinnya kondisi yang terjadi pada perempuan yang mengalami gangguan mental akibat kekerasan dan hamil diluar nikah, serta kurangnya perhatian terhadap mereka membuat ia tergerak hatinya untuk mengangkat tema ini dalam eventnya.

Untuk menggalang dana Event ini, para panitia juga menyelenggarakan Live Painting yang diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2018 di Plaza Binus University Kampus Syahdan yang dihadiri oleh 4 artis yaitu MettaMini, Tania Fenella, Chintia Metta, dan Benson. Untuk Live Painting ini, peserta yang ingin dilukis datang dan cukup membayar minimal Rp 20.000,- dan dana tersebut sepenuhnya akan disumbangkan pada event DV SOS 2018.

Kegiatan DV SOS kali ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu; yang pertama adalah Kunjungan Panti Perlindungan Bhakti Kasih pada tanggal 8 April 2018 yang menampung wanita yang mengalami gangguan mental dan trauma akibat kekerasan dan hamil diluar nikah. Disana para panitia melakukan kegiatan pelatihan menjahit bagi warga binaan Panti Bhakti Kasih. Ada juga games bersama anak-anak yang ada disana dan performance dari KMBD dan pihak panti. Diakhir acara panitia melakukan donasi untuk kebutuhan panti berupa mesin jahit, kebutuhan ibu hamil, kebutuhan bayi, dan kebutuhan pokok lainnya.

Lalu adapun kegiatan Live Campaign di CFD Bundaran HI untuk mendukung orang-orang yang mengalami gangguan mental dan trauma akibat kekerasan dan hamil diluar nikah dengan menandatangani banner yang telah disediakan oleh panitia DV SOS 2018. Acara tersebut di meriahkan juga dengan performance-performance dari bidang 5 yang membuat acara ini lebih menarik daya tarik masyarakat sekitar di dekat Bundaran HI.

Dengan diadakannya kegiatan ini, Ketua dari event DV SOS 2018 berharap apa yang telah segenap panitia curahkan dalam acara ini memang memiliki dampak jangka panjang dalam mendukung para wanita gangguan mental akibat kekerasan dan hamil diluar nikah bahwa mereka tidak sendirian, namun masih banyak orang yang peduli dan turut mendukung mereka dalam dunia ini.