Waisak Puja 2566 B.E./2022

Written By. Nicholas Lienardi

Pada tanggal 21 Mei 2022, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University telah menyelenggarakan acara Waisak Puja 2566 B.E./2022 yang bertemakan “Life of Peace and Love”. Perayaan Waisak tahun ini dilakukan secara hybrid, yaitu diadakan secara onsite di Vihara Metta Palmerah di daerah Palmerah, Jakarta Barat dan online melalui Zoom Meeting dan YouTube Live Streaming DV Entertainment. Waisak Puja merupakan suatu perayaan yang memperingati tiga peristiwa penting, yaitu:

  1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 SM.
  2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya.
  3. Buddha Gautama Parinibbana di Kusinara pada tahun 543 SM.

Sebelum mengadakan acara Waisak Puja ini, kami telah mengadakan Waisak Competition yang terdiri dari 3 perlombaan, yaitu Top Artist (lomba melukis), Top Photographer (lomba fotografi), dan Top Singer (lomba menyanyi). Ketiga lomba tersebut berlangsung dari tanggal 24 Maret 2022 sampai dengan 10 Mei 2022. Pengumuman pemenang lomba dilakukan pada puncak Perayaan Waisak di tanggal 21 Mei 2022.

Acara Waisak Puja terdiri dari sesi formal dan informal. Sesi formal dimulai pada pukul 13.00 WIB yang diawali dengan sesi Puja Bakti. Acara dilanjutkan dengan sesi Dhammatalk bertema “Create a Peaceful Life: Spread Kindness and Love” yang dimoderatori oleh Bapak Toni Yoyo dan dihadiri oleh Y.M. Biksu Lobsang Gyatso, Y.M. Bhante Dhammakaro, dan Y.M. Biksu Nyanabandhu Sakya sebagai narasumber.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi informal yang diawali dengan penampilan dari DV Band dan Guest Singer Kalyana Project yang membawakan dua buah lagu. Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dan pemutaran kompilasi video hasil karya peserta lomba yang telah dinilai oleh para juri, yaitu Metta Ratana sebagai juri lomba Top Artist, Indira Melik sebagai juri Top Singer, dan Kevin Koko Wijaya sebagai juri lomba Top Photographer.

Pemenang lomba Top Artist adalah Theressa Fang (Juara 1), Stephanie Jessica Tanugraha (Juara 2), dan Ervina Arsandi (Juara 3). Pemenang dari lomba Top Singer adalah Jalendra Kumara (Juara 1), Lalita Vidhina Nandhyani (Juara 2), dan Florence Josi Vania (Juara 3). Pemenang dari lomba Top Photographer adalah Edbert Kifli (Juara 1), Vincent Satya Surya (Juara 2), dan Sapphira Torangga (Juara 3).

Semoga Perayaan Waisak tahun ini dapat mengingatkan kita untuk senantiasa memancarkan cinta kasih agar terbebas dari rasa benci dan permusuhan, serta semakin meneladani Guru Agung kita, Buddha Gautama.

Nicholas Lienardi