INDUSTRIAL BENCHMARKING 2022

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMTRI) telah menyelenggarakan kegiatan Industrial Benchmarking 2022 yang terdiri atas dua rangkaian acara, yaitu studi banding dan company visit. Industrial Benchmarking tahun ini dilaksanakan secara on site untuk pertama kalinya sejak pandemi COVID-19 dimulai. Industrial Benchmarking 2022 diselenggarakan selama dua hari, yaitu company visit pada Senin, 22 Agustus 2022 dan studi banding pada Sabtu, 27 Agustus 2022. Perusahaan yang dikunjungi tahun ini adalah PT Indah Kiat Pulp & Paper, sedangkan himpunan yang dikunjungi adalah Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (MTI) Institut Teknologi Bandung.

Tema dari Industrial Benchmarking 2022 adalah “Synergize to Innovate in the Organization”. Tema ini memiliki makna melakukan kegiatan secara bersama-sama yang dilandasi oleh kepercayaan, kreativitas, dan komunikasi yang baik antar anggota himpunan, sehingga menghasilkan suatu inovasi yang mendukung perkembangan setiap anggota himpunan dan berdampak baik bagi masyarakat sekitar. Melalui tema ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan pola pikir serta menambah wawasan baru agar dapat mengembangkan organisasi ke arah yang lebih baik dan menumbuh kembangkan kepribadian mahasiswa tentang dunia kerja.

Pada company visit yang dilaksanakan tanggal 22 Agustus 2022, peserta mengunjungi PT Indah Kiat Pulp & Paper yang berlokasi di Serpong, Tangerang. Kegiatan ini dihadiri oleh 55 peserta yang terdiri dari pengurus dan aktivis HIMTRI PROGRES. Pada company visit tahun ini, pembicara dari PT Indah Kiat Pulp & Paper melakukan presentasi seputar profil perusahaan. Materi dari presentasi meliputi strategi perusahaan, value perusahaan, rencana pengembangan produk, pengembangan karyawan, dan tahapan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan dan meningkatkan kualitas produk. Peserta juga berkesempatan untuk melihat proses jalannya produksi kertas dengan berkeliling di pabrik PT Indah Kiat Pulp & Paper sesuai arahan dari pihak perusahaan. PT Indah Kiat Pulp & Paper menunjukkan proses produksi produk konsumer, produk komoditas, dan produk spesialisasi, seperti sticky notes. Selain itu, peserta dapat melihat proses penghitungan jumlah kertas, pengemasan produk, dan warehouse. Selanjutnya, peserta diberikan waktu untuk mengajukan pertanyaan mengenai proses produksi yang telah diperlihatkan oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper pada saat sesi tanya jawab. Kegiatan company visit ditutup dengan pemberian plakat dan dokumentasi di kantor PT Indah Kiat Pulp & Paper. Melalui company visit, peserta mendapat informasi seputar dunia kerja dan nilai industri yang terdapat dalam PT Indah Kiat Pulp & Paper, peserta juga melihat secara langsung hal-hal yang telah dipelajari ketika mengunjungi dan melihat proses produksi PT Indah Kiat Pulp & Paper. Peserta juga mendapat gambaran mengenai pengelolaan produk, service, sustainability, dan sistem rantai pasok pada PT Indah Kiat Pulp & Paper.

Sumber: Dokumentasi Industrial Benchmarking (IB) 2022

Sumber: Dokumentasi Industrial Benchmarking (IB) 2022

Pada tanggal 27 Agustus 2022, kegiatan Industrial Benchmarking 2022 dilanjutkan dengan kegiatan studi banding bersama Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (MTI) Institut Teknologi Bandung. Jumlah peserta pada kegiatan studi banding ini adalah 54 peserta yang terdiri dari pengurus dan aktivis HIMTRI PROGRES. Pada studi banding Industrial Benchmarking 2022, peserta diberikan pemaparan materi profil oleh masing-masing himpunan melalui presentasi, meliputi pengenalan visi dan misi, value organisasi, penjelasan divisi, dan program kerja yang dimiliki oleh masing-masing himpunan. Peserta diberikan waktu untuk melakukan tanya jawab mengenai materi yang telah dipresentasikan oleh himpunan lain. Peserta dari masing-masing himpunan juga diberikan kesempatan untuk bermain games secara berkelompok untuk saling mengenal satu sama lain. Kemudian, peserta dibagi dengan menggabungkan kedua divisi dari masing-masing himpunan yang memiliki fungsi yang sejenis untuk berdiskusi dan menyelesaikan study case yang diberikan oleh panitia. Hasil diskusi kemudian dipresentasikan oleh perwakilan masing-masing kelompok. Kegiatan studi banding ditutup dengan sesi pemberian plakat, campus tour, dan dokumentasi bersama. Melalui studi banding, masing-masing himpunan diharap dapat membangun relasi yang baik satu sama lain dan menjadi media pembelajaran serta evaluasi untuk HIMTRI Universitas Bina Nusantara dan MTI Institut Teknologi Bandung dalam mengembangkan organisasinya.

Sumber: Dokumentasi Industrial Benchmarking (IB) 2022

Sumber: Dokumentasi Industrial Benchmarking (IB) 2022