LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN CALON PENGURUS (LDK-CP) 2022

Sumber: Dokumentasi  Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDKCP) 2022

Organisasi adalah suatu wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerja sama dengan sebuah batasan yang relatif dan dapat diidentifikasi untuk mencapai tujuan bersama. Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMTRI) BINUS University merupakan organisasi yang mewadahi mahasiswa/i Teknik Industri dalam bidang akademik maupun non-akademik seperti seminar, kunjungan industri, workshop, charity event, dan pelatihan untuk mendukung jurusan dalam memberikan lingkungan keilmuan industri. Periode kepengurusan HIMTRI 2022/2023 akan mengadakan kegiatan secara online berupa Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDKCP). LDKCP merupakan acara tahunan HIMTRI berupa pelatihan dasar yang diberikan oleh pengurus lama kepada calon pengurus baru (aktivis). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan dan mempersiapkan calon kepengurusan HIMTRI kedepannya dengan mengenal lebih dalam mengenai organisasi yang dijalankan.

Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDKCP) akan dilaksanakan secara online melalui aplikasi berbasis video conference pada tanggal 25 – 26 Juli 2022 dengan tema “Rising a Competent and Responsive Leader Through Ethic of Leadership. Tema ini dipilih agar dapat memberikan pengetahuan serta memotivasi mahasiswa/i Teknik Industri untuk menjadi seorang pemimpin yang kompeten dan responsif melalui etika-etika kepemimpinan seperti profesional dan bertanggung jawab. Kegiatan ini akan diisi dengan materi tentang strategic management dan finance and branding yang akan dibawakan oleh Bernadus Yuven Lamarian selaku mahasiswa Teknik Industri angkatan 2018 dan ketua HIMTRI periode 2020/2021 dan Inas Safira selaku mahasiswa Teknik Industri angkatan 2019 dan sekretaris HIMTRI periode 2021/2022.

Kegiatan LDKCP Day 1 diawali dengan kata sambutan dari Project Manager, Ketua HIMTRI, dan Student Organization Advisor (SOA). Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan peserta mengisi pre-test dari materi Strategic Management yang dibawakan oleh Bernadus Yuven Lamarian. Materi kedua diawali dengan pre-test dari materi yang dibawakan oleh Inas Safira dengan topik Finance and Branding. Pembawaan kedua materi tersebut diakhiri dengan peserta melakukan diskusi menyelesaikan suatu case yang diberikan oleh pembicara, post-test, sesi tanya jawab, dan foto bersama.

Sumber: Dokumentasi  Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDKCP) 2022

Kegiatan LDKCP Day 1 dilanjutkan dengan pembawaan materi mengenai Organizational Functions oleh Habel Christian Chandra sebagai Ketua HIMTRI periode 2022/2023 dan Radithya Wisnu Supahwan sebagai QC HIMTRI periode 2022/2023. Sebelum memasuki inti pembawaan materi, peserta diharuskan untuk mengisi pre-test terlebih dahulu untuk mengetahui pengetahuan peserta sebelum diberikan pemaparan materi oleh pembicara. Pembawaan materi tersebut diharapkan dapat memberikan ilmu kepada peserta mengenai cara bertanggung jawab sebagai seorang pemimpin dalam mengambil keputusan dan bersikap adil terhadap setiap anggotanya. Pemberian materi dari Habel Christian Chandra dan Radithya Wisnu Supahwan diakhiri juga dengan memberikan posttest kepada para peserta LDKCP untuk mengetahui pemahaman para peserta setelah mendengarkan materi yang diberikan. Kegiatan hari pertama ditutup dengan briefing LDKCP Day 2 dan sesi foto bersama.

Kegiatan LDKCP Day 2 diawali dengan pembukaan dari MC (Master of Ceremony) dengan menyapa dan membangunkan semangat para peserta LDKCP dalam mengikuti rangkaian acara kegiatan pada LDKCP Day 2. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan peserta mengisi pre-test dari materi Administration and Operation yang dibawakan oleh Marsya Destiana selaku Sekretaris HIMTRI periode 2022/2023 dan Shelma Robbyta selaku Bendahara HIMTRI periode 2022/2023. Pemberian materi tersebut diharapkan peserta mengetahui dan memahami sistem administrasi dan operasi mengenai keuangan dan pendataan yang ada di HIMTRI. Pembawaan materi tersebut diakhiri dengan peserta mengerjakan post-test, sesi tanya jawab, dan foto bersama.

Sumber: Dokumentasi Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDKCP) 2022

Kegiatan selanjutnya adalah penjelasan informasi mengenai mekanisme pembagian dan perpindahan aplikasi video conference menjadi 2 kelompok besar. Kedua kelompok besar ini akan mengikuti kegiatan dari pihak Student Development Center (SDC), yaitu pemberian materi “How To Engage in Organization yang dibawakan oleh Kak Jannus untuk kelompok 1 dan Kak Doni untuk kelompok 2. Pembagian menjadi 2 kelompok besar ini dengan tujuan agar peserta mendapatkan hasil yang maksimal dari pemberian materi yang dibawakan oleh pihak SDC dengan metode yang efektif.

Sumber: Dokumentasi  Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDKCP) 2022

Materi yang diberikan oleh SDC dibawakan secara menarik dengan ice breaking yang diberikan, sehingga peserta dapat mengikuti dengan baik tanpa rasa jenuh. Kegiatan dengan pihak SDC diakhiri dengan mengambil foto bersama dan pemberian plakat dari pihak LDKCP kepada pihak SDC. Peserta dan panitia selanjutnya memasuki kegiatan ISHOMA, yaitu istirahat, sholat, dan makan. Kegiatan ISHOMA yang telah selesai, dimulai kembali dengan memasuki kegiatan penyampaian hasil study case yang diberikan pada hari pertama LDKCP oleh para peserta. Kegiatan LDKCP Day 2 sudah mencapai penghujung acara, oleh karena itu peserta dan panitia selanjutnya melakukan dokumentasi atau foto bersama. Penutupan LDKCP Day 2 mendapatkan kata-kata penutup dari Bapak Rahmat Ilahi selaku SOA HIMTRI yang ditujukan kepada peserta dan panitia LDKCP. Akhir dari LDKCP Day 2 ditutup dengan penutupan dari MC.